Honda Lanjutkan Riset Prototipe RC213V Versi 2014, Yamaha Kapan Mulai?

 Honda, MotoGP
2014 Honda RC213V - Repsol Honda Team (MotorLand Aragon Test)

2014 Honda RC213V – Repsol Honda Team (MotorLand Aragon Test)


Belanda, Mesinbalap.com – Selepas tes resmi MotoGP Aragon pekan lalu, kedua pembalap Repsol Honda Marq Marquez dan Dani Pedrosa mengungkapkan bahwa mereka belum benar-benar tertarik untuk menggunakan 2014 Honda RC213V dan masih pede pakek spek 2013. Alasannya motor baru masih perlu dikembangkan lagi karena memiliki performa yang bisa dikatakan “11 12″ (hampir mirip) dengan RC213V versi saat ini.

Meskipun pada beberapa aspek motor baru ini jauh lebih baik daripada versi saat ini, tetapi masih ada beberapa aspek negatif seperti yang diungkapkan oleh Pedrosa, Marquez dan Bradl setelah uji coba untuk pertama kalinya di Aragon minggu lalu. Hal ini memang berbanding terbalik dengan prototipe versi 2013 yang langsung siap digunakan tahun lalu setelah menjalani pengujian pada bulan Juli 2012.

Kontan, Pedrosa pun langsung klop dengan RC213V 2013 dan memberikan kemenangan beruntun dalam beberapa seri MotoGP 2012. Paket motor 2013 sudah sangat baik tahun lalu, hanya saja Stoner menolak untuk menggunakan sasisnya, sementara Pedrosa nyaman-nyaman saja.

HRC mengungkapkan bahwa ditiadakannya jadwal tes pertengahan Agustus di Brno mendatang telah memicu Honda untuk melakukan evaluasi lebih awal pada prototipe 2014. Pasalnya, tes resmi selanjutnya akan digelar di Misano pada 16 September mendatang dan pastinya akan lebih lama kalau menunggu sampai tes Misano. Makanya Honda memutuskan lebih memilih untuk menguji coba RC213V 2014 di Aragon kemarin, karena bakal banyak waktu yang tersisa untuk melakukan pengembangan selanjutnya pada prototipe baru sebelum tes Misano.

“Jika tim menunggu sampai tes Misano pada 16 September mendatang, tentunya akan sangat terlambat untuk melakukan perubahan besar yang telah kami dapatkan dari umpan balik pembalap pabrikan Dani Pedrosa dan Marc Marquez,” jelas HRC dalam sebuah pernyataan resmi.

Dani Pedrosa - MotorLand Aragon Test

Dani Pedrosa – MotorLand Aragon Test

Sementara wakil presiden eksekutif HRC “Shuhei Nakamoto” memaparkan secara gamblang, “Tes prototipe RC213V 2014 sudah sangat konstruktif. Dani, Marc dan Stefan semuanya memberikan komentar yang sama kepada kami mengenai aspek positif dan negatif dari motor baru dan ini akan menjadi sangat penting dalam rangka untuk melanjutkan pengembangan (riset) untuk musim depan.”

“Faktanya adalah bahwa mereka suka dengan RC213V versi 2013 dan tidak memberikan tekanan kepada kami untuk menyelesaikan balapan dengan prototipe baru. Sehingga kami akan melanjutkan pengembangan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya dan akan kembali ke Eropa untuk melakukan pengujian setelah race Misano atau Valencia”, beber Nakamoto.

Orang nomor 1 di HRC ini memang memiliki kelakuan radak serem untuk masalah upgrade motor. Tampang seremnya mulai tercium sejak kembali dari Tim Honda F1 ke HRC (Honda Racing Corporation) pada tahun 2009 yang lalu.

Pasalnya, orang ini membawa hampir seluruh enginer-nya Honda F1 ke tim Honda MotoGP, termasuk untuk membantu mengembangkan perangkat elektronik (ECU), mesin, sasis sampai seamless shift gearbox.

Masih ingat betul, Honda gulung tikar di F1 pada tahun 2008 yang lalu ketika Nakamoto menjabat sebagai “Honda Racing Development (HRD) Technical Director & Honda Racing F1 Team Senior Technical Director”.

 

HI-RES PHOTO GALLERY:


One Response

  1. Joni LonoThursday, 27/06/2013 9:58 at 09:58Reply

    Pertamax gan. motor yg keren, salam satu hati.

Leave a Reply