Yuk! Kupas Tuntas Kawasaki D-Tracker yang Baru Launching

    Yuk! Kupas Tuntas Kawasaki D-Tracker yang Baru Launching

    SHARE
    New Kawasaki D-Tracker 2015
    New Kawasaki D-Tracker 2015 (Foto: Okezone)

    MESINBALAP.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah resmi meluncurkan Kawasaki D-Tracker model terbaru pada hari Senin (3/8/2015). Didesain untuk pemakaian sehari-hari, motor trail ini menawarkan banyak pembaruan yang kian menguatkan image-nya sebagai model supermoto.

    Perubahan yang paling menonjol dapat dilihat dari ukuran peleknya yang makin besar, dari yang sebelumnya 14 inchi, kini menjadi 17 inchi.

    D-Tracker sendiri terjun ke segmen yang dikuasai penuh oleh Kawasaki, sehingga tak ada kompetitor sama sekali. Lantaran hal tersebut KMI yakin bahwa motor ini akan mendapatkan respon yang positif dari pasar.

    Pelek besar bukanlah satu-satunya perubahan yang diusung oleh D-Tracker. Sebab update juga banyak mencakup area lain, seperti sasis yang telah diubah untuk menyesuaikan dengan ukuran pelek, serta posisi riding yang diatur ulang guna meningkatkan kegarangannya.

    Disamping itu, perubahan juga dapat ditemukan pada desain lampu depan-belakang, shroud, serta indikator bahan bakar. Sedangkan untuk mesinnya dilaporkan masih sama 144 cc dengan output daya 12 PS @8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm @6.500 rpm.

    *Kenapa D-Tracker Menggunakan Pelek 17 inchi?

    KMI memasangkan pelek 17 inchi kepada D-Tracker bukan tanpa alasan. Sebagai penerus dari model sebelumnya yang punya pelek 14 inchi, versi terbaru ini memang sudah banyak dinanti olah para konsumen. Pasalnya, mayoritas mereka menginginkan supermoto yang ready ngaspal tanpa perlu modifikasi di sana-sini.

    Kawasaki D-Tracker Terbaru Pakai Pelek 17-Inci
    Kawasaki D-Tracker Terbaru Pakai Pelek 17-Inci (Foto: Okezone)

    Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh pihak KMI selama setahun terakhir, ada dua poin penting yang dapat disimpulkan mengenai apa yang paling diinginkan oleh konsumen, yakni agar D-Tracker mempunyai pelek yang lebih besar serta performa mesin yang lebih mumpuni di putaran menengah keatas.

    Pada model sebelumnya, konsumen banyak mendapatkan ketidakpuasan. D-Tracker 14 inci dinilai memiliki tampilan berkendara yang tak cukup garang. Bagaimana tidak? Dengan ban yang kecil, maka body motor pun juga kecil, alhasil ‘gertakannya’ kurang. Untuk bisa tampil gagah, ubahan perlu dilakukan dengan mengganti pelek, suspensi, serta swingarm, yang mana hal ini tentu saja merepotkan.

    Pelek 17-Inci Kawasaki D-Tracker 2015
    Pelek 17-Inci Kawasaki D-Tracker 2015

    Sekarang dengan kehadiran D-Tracker 17 inchi yang punya konfigurasi default sesuai keinginan konsumen, maka kepuasan bisa langsung didapatkan tanpa melakukan modifikasi yang rumit. Head Sales and Promotion Department KMI, Michael Chandra Tanadhi mengaku optimis bahwa model baru ini akan semakin banyak diminati.

    *D-Tracker Edisi Spesial

    Selain meluncurkan model standar, rupanya KMI juga menawarkan D-Tracker edisi spesial dengan banderol yang sedikit lebih premium. Sebetulnya secara teknis, spek yang dikemas varian ini tak berbeda dengan versi standarnya, baik mesin maupun ukuran peleknya sama. Akan tetapi yang berbeda adalah ‘dandanannya’ yang lebih bervariasi.

    Kawasaki D-Tracker 2015 Special Edition
    Kawasaki D-Tracker 2015 Special Edition

    Dengan kombinasi warna hitam yang lebih dominan, D-Tracker edisi spesial memiliki setang yang lebih tinggi. Disamping itu, ada juga sejumlah perlengkapan tambahan seperti pelindung tangan, pelindung mesin, serta skid plate di kanan-kiri. Pelek juga dibalut cat hitam guna menghasilkan aura garang yang melebihi tipe standarnya.

    KMI menghadirkan supermoto D-Tracker dengan dua pilihan warna, yakni hijau-hitam dan oranye-putih untuk varian standar yang dihargai Rp 28,9 juta; lalu hijau-hitam dan kuning untuk edisi spesial yang dipatok Rp 29,9 juta OTR Jakarta. Tak ada batasan stok untuk edisi spesial. Kedua varian akan mulai tersedia pada akhir Agustus 2015.

    New Kawasaki D-Tracker 150 Special Edition dengan Pelek Berarna Hitam
    New Kawasaki D-Tracker 150 Special Edition dengan Pelek Berarna Hitam

    KMI berharap dengan kehadiran D-Tracker 17 inchi, akan semakin banyak konsumen di kota-kota besar yang memilihnya sebagai teman berkendara sehari-hari. Jika sebelumnya hasil penjualan yang bagus hanya didominasi oleh wilayah Sumatera dan Bali, maka kali ini perusahaan mempunyai ekspektasi yang lebih.

    Sejauh ini, dari total penjualan Kawasaki di segmen trail, D-Tracker telah menyumbang sebanyak 25 persen. Michael memperkirakan bahwa angka ini akan meningkat menjadi 30 persen menyusul kehadiran model terbaru. Sementara itu secara umum, model trail sendiri mempunyai kontribusi sekitar 50 persen dari penjualan motor Kawasaki secara keseluruhan, dengan rata-rata sales bulanan mencapai 10.000 unit.

    Sumber: Kompas

    KOMENTAR