Honda Catatkan Hasil Penjualan Spare Part Rp 297 Miliar di Jatim

    Honda Catatkan Hasil Penjualan Spare Part Rp 297 Miliar di Jatim

    SHARE
    Honda CBR1000RR FireBlade SP Repsol Edition
    Honda CBR1000RR FireBlade SP Repsol Edition

    MESINBALAP.com – Penurunan penjualan yang terjadi pada merek sepeda motor tertentu tak mesti berarti bahwa penjualan suku cadangnya juga akan menurun.

    Seperti yang ditunjukkan oleh PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), dealer utama Honda untuk wilayah Jawa Timur dan NTT, yang sedang mengalami penurunan penjualan motor di Jatim, namun justru naik penjualan spare partnya.

    Selama bulan Januari hingga Juni 2015, total penjualan spare part PT MPM telah mencapai angka Rp 297 miliar. Hasil tersebut meningkat 17 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama.

    Faktor utama yang jadi penyebab hal ini tak lain adalah arus mudik lebaran, dimana orang-orang yang baru pulang dari kampung halaman banyak melakukan servis guna memulihkan kondisi kendaraan mereka.

    Faktor lainnya yaitu meningkatnya kesadaran konsumen untuk memperbarui spare part motor tepat waktu, khususnya untuk komponen fast moving yang perlu dicek secara berkala dan diganti jika masa pakainya sudah habis.

    Penjualan spare part PT MPM juga paling banyak disumbang oleh jenis komponen ini. Secara spesifik, kontribusi terbesar didapat dari gear set dan rantai dengan angka penjualan mencapai 10 persen.

    Guna meningkatkan penjualan spare part lebih lanjut, PT MPM telah merencanakan perluasan jaringan, khususnya untuk area Banyuwangi.

    Setidaknya saat ini sudah ada 1496 toko spare part dan bengkel yang masuk kedalam jaringan MPM, dengan 40 persen diantaranya adalah AHASS, sedangkan yang lainnya merupakan toko dan bengkel umum. Target kedepannya adalah untuk menambah jaringan hingga melebihi 1500 cabang.

    Sumber: otomotifnet

    KOMENTAR