Honda Sonic 150R Murni Dikembangkan dari Nol, Tanpa Campur Tangan Thailand

    Honda Sonic 150R Murni Dikembangkan dari Nol, Tanpa Campur Tangan Thailand

    SHARE
    Honda Sonic 150R
    Honda Sonic 150R

    MESINBALAP.com – Untuk menyempurnakan line-up model sportnya, PT Astra Honda Motor merilis ayam jago New Sonic 150R pada hari Rabu (5/8/2015) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Model ini dihadirkan untuk terjun ke segmen yang sebetulnya tidak terlalu besar, akan tetapi cukup potensial.

    Sebagai motor light sport, tentu Sonic 150R tidak bisa menghindari persaingan melawan pemimpin segmen, Suzuki Satria FU 150. Sementara itu di sisi lain, produsen seperti Yamaha merasa tak tertarik untuk ikut bertarung di segmen ayam jago, meskipun mereka mempunyai amunisi yang cukup kuat yakni Jupiter MX King 150.

    Sonic 150 sendiri sudah dinyatakan oleh AHM sebagai model yang sepenuhnya baru, jadi tidak ada hubungan ‘saudara’ dengan Nova Sonic yang pernah meluncur dan populer di tahun 2001. AHM menjelaskan bahwa pada saat itu Sonic 125cc merupakan produk CBU alias impor utuh dari Thailand, sedangkan model yang sekarang ini merupakan hasil pengembangan dari nol.

    Desain agresif Sonic generasi baru dapat dilihat jelas dari garis bodinya yang lancip, disertai dengan beragam fitur atraktif seperti lampu utama LED, instrumen digital, pelek berbahan aluminium, rem cakram depan besar berukuran 296 mm, serta ban tubeless. Sayap samping pada bodi didesain aerodinamis serta bisa dibongkar pasang.

    Soal mesin, New Sonic 150cc mengandalkan unit yang sama seperti milik CB150R StreetFire, namun dengan konfigurasi berbeda yang mampu menggaet torsi besar pada putaran mesin rendah, sehingga dapat menciptakan laju yang gesit.

    Mesin Sonic 150cc DOHC 6-Speed PGM-FI
    Mesin Sonic 150cc DOHC 6-Speed PGM-FI

    Belum lagi, bodi yang kecil dan enteng serta sasis twin-tube turut mendukung kelincahannya. Semua itu berguna untuk menghasilkan akselerasi yang maksimal di jalanan perkotaan, namun tetap irit BBM.

    Kemampuan akselerasi diklaim mencapai 200 m/10,6 detik, dan jika digeber secara maksimal, maka kecepatannya akan tembus 124,1 km/jam. Sementara itu efisiensi bahan bakarnya berada pada angka 45,4 kpl (Euro2) dan 40,9 kpl (Euro3) dengan metode ECE R40.

    Penggunaan setang jepit dengan lebar yang proporsional semakin menguatkan kesan sporty layaknya motor balap, dikombinasikan dengan wheelbase yang pendek, jok rendah, serta sudut rotasi yang lebar, membuat motor ini lebih mudah untuk diajak bermanuver.

    Cabenya Sonic
    Cabenya Sonic

    Generasi baru Honda Sonic 150R hadir dengan empat opsi warna yang terdiri dari Neo Magenta, Energetic Red, Active White dan Spartan Black. Harganya dipatok Rp 20,9 juta on-the road Jakarta.

    Sumber: Kompas.com

    KOMENTAR