Kawasaki Tak Tergoyahkan di Segmen Trail, Anti-Mainstream

    Kawasaki Tak Tergoyahkan di Segmen Trail, Anti-Mainstream

    SHARE
    Kawasaki D-Tracker
    Kawasaki D-Tracker

    MESINBALAP.com – Di tanah air, Kawasaki merupakan sebuah brand yang tak banyak mengikuti mainstream. Buktinya, disaat pasar skutik sedang tumbuh subur, tak ada satupun skutik hijau yang muncul dengan merek Kawasaki.

    Line-up sepeda motornya ya tetap ditargetkan untuk segmen sport dan off-road pada level menengah keatas. Namun ternyata konsistensi ini tidak sia-sia, sebab sekarang image sudah terbentuk kuat bahwa Kawasaki adalah brand yang berkelas di dua segmen tersebut.

    Di segmen off-road, Kawasaki paling menonjol dengan jajaran motor trailnya, termasuk model supermoto. Merek lain tak mempunyai amunisi untuk menyaingi apalagi mengalahkan Kawasaki.

    Di satu segmen ini saja, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sudah cukup kerepotan dalam meladeni permintaan pasar yang melebihi kapasitas produksi, khususnya dalam beberapa bulan terakhir.

    Michael Chandra Tanadhi selaku Deputy Head Sales & Promotion Department, Marketing & Sales Division KMI mengungkapkan bahwa sejak bulan Juni lalu, sudah terlihat tanda-tanda peningkatan permintaan motor off-road di pasaran, bahkan jumlahnya sudah mengalahkan rekor penjualan moge Ninja yang jadi produk andalan Kawasaki di segmen sport.

    Kuota produksi KMI untuk model trail saat ini mencapai sekitar 5.000 unit perbulan, atau 50 persen dari rata-rata angka penjualan bulanan Kawasaki di tanah air. Rupanya dengan meningkatkan kuota produksi, KMI tidak langsung bisa memenuhi tuntutan pasar, permintaan motor trail malah semakin meningkat sampai melewati stok.

    Sebagai perbandingan, total produksi bulanan untuk Ninja series saat ini adalah 4.600 unit, jumlahnya masih kalah banyak dibanding model trail. KMI bahkan “sudah mulai frustasi memenuhi permintaan model adventure” ini. Sehingga mereka bertekad untuk meningkatkan kapasitas produksi sampai 20 persen.

    Sumber: kompas.com

    KOMENTAR