Duel Ayam Jago Dimulai, Honda Sonic 150R vs Suzuki Satria FU150

    Duel Ayam Jago Dimulai, Honda Sonic 150R vs Suzuki Satria FU150

    SHARE

    Honda Sonic 150R vs Suzuki Satria FU150MESINBALAP.com – Jika terlintas pertanyaan, siapa yang paling terusik dengan kehadiran New Honda Sonic 150R? Maka jawabnya tak lain adalah si raja ayam jago, Suzuki Satria FU150.

    Di segmen light sport ini, kesaktian motor Suzuki itu memang sudah tak diragukan lagi. Akan tetapi keputusan Honda untuk terjun sebagai penantang jelas tak main-main, dan sekarang keduanya akan bertarung, entah siapa yang akan menang.

    Akankah Sonic mampu menandingi atau bahkan merobohkan dominasi Satria di pasar ayam jago? Atau justru malah Sonic tidak bisa berbuat banyak? Apapun yang terjadi, masih terlalu dini untuk memprediksi hasil kompetisi di pasar.

    Untuk sekarang ini, hal termudah yang bisa dilakukan guna mengukur kekuatan dari keduanya adalah dengan membandingkan spesifikasi teknisnya. Dari segi dimensi, sekilas kedua ayam jago ini seperti punya kemiripan, tapi sebetulnya Satria sedikit lebih panjang, sedangkan Sonic sedikit lebih gemuk.

    Tinggi jok ke tanah cukup setara, yakni sama-sama berkisar 76 cm. Akan tetapi Satria lebih enteng dengan bobot kosong 95 kg, sedangkan Sonic bobotnya mencapai 114 kg.

    Kapasitas tangki Satria FU juga lebih unggul dengan selisih 0,2 liter. Kekurangannya, Satria FU masih mengandalkan oil cooler sebagai pendingin mesin, sedangkan Sonic 150R sudah dilengkapi radiator.

    Radiator Honda Sonic 150R vs Oil Cooler Suzuki Satria FU150

    Mengenai jantungnya, jelas ada perbedaan teknologi, mengingat bahwa kedua motor meluncur dari brand yang berbeda. Di area ini Sonic memiliki keunggulan dengan teknologi injeksi, sementara Satria masih memakai sistem bahan bakar konvensional alias karburator.

    Soal kapasitas mesin tak beda jauh, Sonic 149,16cc, sedangkan Satria 147,3cc. Rasio kompresi Sonic lebih tinggi dengan 11,3:1, dibandingkan Satria 10,2:1. Di sektor power, Sonic dan Satria cukup imbang dan sama-sama berada pada kisaran 15,7 HP hingga 16 HP. Konstruksi mesinnya juga sama-sama DOHC 4-klep.

    Satria FU vs Sonic 150R

    Namun Sonic mampu menggaet tenaga puncaknya lebih awal pada rotasi mesin 9.000 rpm, sedangkan Satria lebih lambat pada 9.500 rpm. Berbicara mengenai torsi, Sonic kembali unggul dengan angka 13,5 Nm pada 6.500 rpm, dibandingkan dengan Satria yang tercatat 12,7 Nm pada 8.500 rpm.

    Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Sonic menang dalam adu spek ini. Dengan kemampuannya menembakkan daya puncak lebih awal, serta torsinya yang lebih besar, tak diragukan lagi bahwa amunisi Honda ini akan mampu berakselerasi lebih cepat dari Satria.

    Tapi jangan lupa bahwa disini Sonic kalah cukup telak pada satu area, yakni bobotnya yang lebih berat dari Satria. Karena alasan terakhir ini mungkin kedua ayam jago tersebut akan seimbang.

    KOMENTAR