Ini Alasan Yamaha Absen di Balap Sport 150cc

    Ini Alasan Yamaha Absen di Balap Sport 150cc

    SHARE

    Yamaha Kelas IP150ccMESINBALAP.com – Kejurnas Balap Motor 2015 Kelas IP150 memang menarik perhatian, terlebih ada banyak peserta yang menggunakan motor berbeda-beda. Maksudnya ada bebek, sport dan ayago yang diadu di satu kelas. Regulasi baru tersebut menurut IMI untuk menyelamatkan kompetisi balap di tanah air yang tengah amburadul.

    Balap sport 150cc pasti bakal menarik perhatian penonton di tanah air yang memiliki latar belakang berbeda, apalagi fans berat pabrikan H-Y-S-K juga sangat banyak. Dipandang dari sisi bisnis, penjualan motorsport 150cc memang lagi naik daun di negeri ini. Jadi tak ada yang salah kalau dibuat balapan.

    Akhir pekan kemarin Seri 2 Kejurnas Balap Motor 2015 di Sirkuit Sentul Bogor diramaikan dengan beragam motor dari merek yang berbeda-beda, khususnya di Kelas IP150. Ada 25 starter yang masing-masing menggunakan Yamaha R15, Vixion, Jupiter MX King, Suzuki Satria FU150, Honda CBR150R dan CB150R StreetFire.

    Namun, jika dipandang dari sudut pabrikan, Yamaha memang belum turun secara resmi di kelas ini. Sedangkan kompetitor mereka yakni Honda sudah memberikan dukungan penuh terhadap tim yang mereka turunkan.

    Dilansir dari sportku.com, para pembalap yang menggeber motor Yamaha di kelas IP150 kemarin merupakan pembalap dari beberapa tim yang sudah diberi lampu hijau oleh pabrikan Yamaha. Dengan kata lain, Yamaha masih belum turun secara langsung di kelas ini.

    “Kita belum putuskan untuk ikut di Kelas 150. Kita juga masih akan melihat seperti apa regulasinya”, ujar Supriyanto, Manajer Motorsports YIMM yang juga mengatakan jika Yamaha masih kurang setuju dengan penggabungan antara motor bebek dan motorsport ke dalam satu kelas yang sama yakni kelas IP150.

    Sport IP150cc

    Regulasi tersebut sebetulnya sudah ditentang Yamaha sejak tahun lalu. “Regulasi di Kelas IP150 ini memang gaya bebas. Sementara bobot motornya saja untuk sport 150 kg dan bebek 155 kg. Itu bobot plus pebalap ya. Kalau menurut saya mestinya bebek saja, kalau sport kan sudah ada OMR-nya. Biar merakyat saja kalau bebek dan ayam jago saja”, kata Rudy dari tim Yamaha Tunggal Jaya Motor.

    Menurut regulasinya, sasis dan spek mesin di Kelas IP150 ini dilonggarkan alias dibuat bebas, juga soal velg yang kabarnya ada tim yang menggunakan velg berharga puluhan juta.

    Nah untuk seri selanjutnya kabarnya akan digelar di sirkuit Sentul Kecil pada 23-24 Agustus 2015. Bukan tidak mungkin motor bebek dan ayago yang bakal juara di trek sempit ini.

    Sumber: sportku.com

    KOMENTAR