Tren Motor Petualang Murah Mulai Mewabah

    Tren Motor Petualang Murah Mulai Mewabah

    SHARE
    Render Kawasaki Versys 250
    Render Kawasaki Versys 250

    MESINBALAP.com – Tren sepeda motor petualang kini semakin terlihat. Kabar beredar bahwa beberapa pabrikan sudah ancang-ancang untuk melemparkan produk baru dalam segmen ini. Namun yang paling sering diberitakan adalah penggodokan model bermesin kecil.

    Mungkin sekarang sudah banyak konsumen yang tertarik untuk mendapatkan motor adventure dengan harga yang bersahabat, sehingga pabrikan pun bersiap untuk menjawab keinginan ini.

    Biasanya motor bertipe adventure memang selalu identik dengan kapasitas mesin yang besar, karena disamping model semacam ini mendominasi pasaran, menjelajah juga butuh power dan torsi yang tinggi.

    Tapi sepertinya waktu telah mengubah semua itu. Kini banyak petualang justru tak kepengen tunggangan yang garang. Tenaga monster dan teknologi yang tinggi sudah tak menjadi tuntutan, yang terpenting masih bisa membelah medan-medan dengan tantangan yang ringan.

    Pergeseran tren serupa juga terjadi di segmen sport, dimana banyak moge berfairing mengusung banderol yang murah serta cc menengah kebawah. Sekarang ini orang bisa menunggangi sepeda motor sport 250 cc sudah terbilang bagus, jadi tak perlu lagi melirik model-model yang lebih ganas.

    Di segmen adventure sendiri, geliat mulai tampak untuk model-model ber-cc rendah. Peningkatan permintaan juga sudah terlihat di pasar. Buktinya, saat PT Astra Honda Motor merilis moge di Indonesia, yang paling laris adalah CB500X, yang tampangnya paling mirip tipe petualang.

    Akhir-akhir juga ini beredar rumor bahwa segmen petualang 250cc akan kedatangan pemain baru, diantaranya adalah sepeda motor dari Kawasaki dan Suzuki yang masih dalam tahap pengembangan. Kabarnya soal mesin, kedua pabrikan akan menggunakan tipe dua silinder dari Ninja dan Inazuma.

    Sebelumnya Perserikatan Blogger Indonesia telah ramai membahas tentang motor petualang Kawasaki Versys 250, kini Suzuki menyusul dengan rumor pengembangan Strom 250 yang banyak dibahas di surat kabar Jepang.

    Tak ketinggalan, Honda punya konsep CX-01 yang siap diubah menjadi model produksi CB300X, dan Yamaha juga diisukan membangun R3 bergenre petualang dengan menggunakan platform XTZ320.

    KOMENTAR