Regulasi Paksa Yamaha Vega Pakai Sistem Injeksi

    Regulasi Paksa Yamaha Vega Pakai Sistem Injeksi

    SHARE
    Yamaha Vega RR
    Yamaha Vega RR

    MESINBALAP.com – Jika diperhatikan, sepertinya hampir seluruh jajaran motor Yamaha di tanah air telah mengemas sistem injeksi. Tapi sebetulnya masih ada satu model yang belum mendapatkan kemajuan ini, sehingga posisinya terancam disingkirkan oleh regulasi pemerintah. Model tersebut ialah Vega, yang memiliki dua varian, RR dan RR brake disc.

    Mulai bulan Agustus ini, pemerintah telah menerapkan aturan baru yang mewajibkan setiap motor produksi untuk mengusung spesifikasi Euro 3. Para produsen akan dapat lebih mudah mematuhi aturan ini jika mereka berhenti mengandalkan sistem bahan bakar konvensional alias karbuartor, dan hal itulah yang masih belum diterapkan pada Yamaha Vega.

    Keberadaan Vega sebagai motor bertipe bebek masih memiliki daya tarik yang kuat di mata konsumen. Terbukti sampai sekarang model tersebut masih bisa mencatatkan penjualan yang bagus.

    Walaupun sebenarnya posisi Vega akan digantikan oleh bebek Force yang sudah berteknologi injeksi, namun nyatanya Force sendiri masih belum siap untuk dijadikan pengganti, sebab pamornya masih kalah jauh dibandingkan Vega.

    Data terkini dari AISI telah membuktikan bahwa Vega masih memiliki eksistensi yang cukup kuat di pasaran. Sepanjang bulan Januari hingga Juli 2015, penjualannya mampu menyentuh angka 61.244 unit. Sementara Force pada periode yang sama hanya mampu menjual sebanyak 3.149 unit. Kalau begini, apa gak jauh bedanya?

    Menurut Asisten GM Pemasaran YIMM Mohammad Masykur, saat ini Force sedang diupgrade agar “kompatibel dengan Euro 3”. Vega pun juga demikian, masih dalam proses perubahan untuk menjadi model injeksi. Kendati langkah kedepan sudah cukup terbaca, namun Masykur enggan berbicara lebih jauh.

    Bagaimanapun, mengingat bahwa bulan Agustus 2015 merupakan awal penerapan standar emisi Euro 3 oleh pemerintah, maka kuat kemungkinan Vega dan Force yang baru akan segera launching untuk menggantikan model produksi lama yang sudah outdated.

    Sumber: kompas

    KOMENTAR