All-New Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M Meluncur Pekan Depan

    All-New Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M Meluncur Pekan Depan

    SHARE
    All-New Yamaha YZF-R1M (Suzuka 8 Hours 2015)
    All-New Yamaha YZF-R1M (Suzuka 8 Hours 2015)

    MESINBALAP.com – Tak lama lagi, superbike terbaru dari Yamaha akan meluncur di Indonesia. Ini merupakan produk berkategori CBU (completely built-up) atau impor utuh dari luar negeri.

    Sejauh ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih belum membeberkan keterangan resminya. Hanya saja, Asisten GM Pemasaran YIMM Mohammad Masykur mengungkap bahwa model baru tersebut bergenre sport dengan full-fairing.

    Ada indikasi bahwa produk yang akan dilempar oleh YIMM adalah duo New Yamaha R1 dan R1M. Ya, sepertinya kedua model inilah yang bakal dijadikan andalan dan meramaikan line-up moge impor Yamaha di tanah air.

    Sebab beberapa rumor sebelumnya mengindikasikan seperti itu dan diketahui pabrikan garpu tala baru-baru ini menggelar test ride tertutup di Sirkuit Sentul, Bogor. Bahkan teaser resmi pun telah disebar.

    Duo superbike Yamaha tersebut dijadwalkan hadir dalam event autoshow yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Pameran otomotif ini berlangsung mulai tanggal 20 hingga 30 Agustus 2015.

    BACA JUGA: All-New Yamaha YZF-R1 2015 Sudah Mendarat di Sentul, Teaser Pun Disebar, Siap Mengaspal?

    YIMM memilih ICE sebagai lokasi debut untuk kedua mogenya karena gedung tersebut dinilai memiliki image dan kelas yang tinggi, jadi cocok dengan produknya yang akan ditampilkan disana.

    Belum ada konfirmasi dari pihak YIMM mengenai kebenaran identitas R1 dan R1M sebagai calon flagship baru Yamaha di Indonesia. Namun ada bocoran bahwa stok untuk pasar tanah air hanya berjumlah puluhan. Bahkan lima unit dari persediaan tersebut sudah laku.

    New Yamaha R1 mendarat di Sentul
    New Yamaha R1 mendarat di Sentul

    Mesin R1 yang baru memiliki bobot 199 kg (tangki penuh) dan spesifikasi 998cc, crossplane crankshaft, 4-silinder segaris, dengan klaim daya mencapai 200 HP.

    Dibandingkan dengan penggerak R1 lama, keunggulan mesin baru ini terdapat pada dayanya yang lebih tinggi 18 HP serta bobotnya yang turun 7 kg, sehingga menghasilkan rasio power-to-weight diatas 1 tk/kg, dan membuat R1 yang baru menjadi salah satu motor dengan performa terbaik di Indonesia.

    Selain di ICE, pada tanggal 20-30 Agustsus 2015, sebuah pameran otomotif lain juga siap digelar. Event tersebut adalah Indonesia International Motor Show (IIMS), yang bertempat di JI Expo Kemayoran. Disana YIMM akan menghadirkan jajaran produk lokal sekaligus melakukan beragam aktivitas promosi.

    Sumber: kompas

    KOMENTAR