Honda Recall 13.700 Unit CBR150R dan CBR250R

    Honda Recall 13.700 Unit CBR150R dan CBR250R

    SHARE
    Honda CBR250R dan CBR150R India
    Honda CBR250R dan CBR150R

    MESINBALAP.com – Sebagai bagian dari recall besar-besaran yang dilakukan di sejumlah negara di dunia, HMSI (Honda Motorcycle and Scooter India) mengumumkan penarikan kedua model sport fairingnya, CBR150R dan CBR250R, yang diproduksi di India antara bulan Juli 2014 hingga Juni 2015.

    Recall kali ini merupakan lanjutan dari kampanye recall global oleh induk perusahaan Honda di Jepang. Pihak HMSI mengungkapkan bahwa proses recall dimulai pada pertengahan bulan ini sebagai langkah pencegahan untuk memeriksa dan mengganti bagian panel saklar yang disinyalir memiliki cacat.

    Menurut laporan, recall mengenai setidaknya sebanyak 13.700 unit sepeda motor Honda dari model CBR150R dan CBR250R. Diduga kuat telah terjadi kesalahan produksi terkait pemasangan lapisan sealant pada saklar relay starter yang digunakan secara global.

    Kelemahan komponen ini dapat meningkatkan resistensi di seluruh saklar utama, sehingga berpotensi mengganggu arus tegangan dari baterai ke sistem listrik sepeda motor.

    Gangguan sistem listrik pada akhirnya akan membuat mesin tidak mau nyala atau mati secara tiba-tiba saat sepeda motor sedang dikendarai. Bahkan dalam kasus yang ekstrim, peningkatan resistensi pada sekering utama dapat menyebabkan relay starter terbakar. Namun insiden semacam ini belum pernah dilaporkan terjadi pada produk HMSI di India.

    HMSI mengatakan bahwa bagian yang dideteksi memiliki cacat akan diganti dengan yang baru terlepas dari status garansi sepeda motor, dan tanpa dipungut biaya. Hal ini berlaku untuk seluruh jaringan Honda di India.

    Sumber: moneycontrol

    KOMENTAR