Kawasaki Ninja ZX-10R ‘Dipaksa’ Jadi Model Scrambler

    Kawasaki Ninja ZX-10R ‘Dipaksa’ Jadi Model Scrambler

    SHARE
    Kawasaki Ninja ZX-10R Scrambler Concept
    Kawasaki Ninja ZX-10R Scrambler Concept

    MESINBALAP.com – Apa jadinya jika Kawasaki Ninja ZX-10R berganti genre menjadi scrambler? Membayangkannya saja pasti akan membuat orang bingung. Butuh lebih dari sekedar imajinasi untuk mengkonversi ide ekstrim ini menjadi sebuah desain digital.

    Namun desainer otomotif asal Perancis Sylvain Berneron – yang lebih dikenal dengan nama alias Holographic Hammer (HH), punya kesempatan untuk melakukan hal itu. Desain dibuat atas pesanan Baru Motor Sport (BMS), modifikator tanah air yang berbasis di Palmerah, Jakarta Selatan.

    Awalnya BMS meminta untuk dibuatkan sebuah desain sepeda motor dengan opsi off-road sebagai kiblat pengembangan utama. Namun BMS masih agak bingung untuk menentukan arah modifikasi secara spesifik, sehingga HH menawarkan dua pilihan, café racer dan scrambler, dan pilihan jatuh kepada scrambler.

    Hasil kreasi HH sungguh mencengangkan. Aura sport yang sebelumnya melekat kuat pada Ninja ZX-10R kini telah terhapus total dan berganti dengan wajah baru bike tracker yang ready ngaspal dan membelah jalur off-road.

    Ninja ZX-10R yang awalnya 100 persen beraliran sport, kini telah bertransformasi menjadi sebuah konsep scrambler dalam rekayasa digital.

    Pada gambar desain terlihat jelas kesan sporty sudah dilucuti dari Ninja ZX-10R, dan fairing pun juga sudah dilepas, sehingga menyisakan tampilan naked bike tanpa ekor dan wajah depan yang lancip.

    Kawasaki Ninja ZX-10R Scrambler Concept - Images 002

    Subframe belakang baru telah dipasangkan untuk mengakomodasi spatbor belakang yang sudah dipotong dan jok kustom tunggal yang dilapisi kulit bergaris.

    Suspensi kini menggunakan jenis yang lebih tinggi untuk menghasilkan ground clearance yang lebih baik. Penutup mesin juga difungsikan sebagai pelindung bagian bawah.

    Tangki bawaan diganti dengan model kustom, posisi knalpot dibuat jadi lebih tinggi, dan ban pun diganti dengan yang bergerigi. Lampu depan sudah pasti memakai model retro, didukung dengan sejumlah proyektor tambahan.

    Kawasaki Ninja ZX-10R Scrambler Concept - Images 003

    Tidak seperti kebanyakan desainer hebat lain, Berneron a.k.a Holographic Hammer memiliki kecenderungan untuk menggambarkan sepeda motor yang benar-benar dapat diciptakan menjadi model nyata.

    Meskipun saat pertama kali dilihat, mungkin hasil karyanya akan lebih mirip seperti fantasi, namun sejatinya itu adalah wujud dari kreatifitas tingkat tinggi.

    Sumber: Asphaltandrubber & Holographic Hammer

    KOMENTAR