Aura Misterius Menyelimuti Model Sport Baru “Yamaha YZF-R1S”

    Aura Misterius Menyelimuti Model Sport Baru “Yamaha YZF-R1S”

    SHARE
    Yamaha YZF-R1 2015 Tanpa Baju
    Yamaha YZF-R1 2015 Tanpa Baju (Asphaltandrubber)

    MESINBALAP.com – Dokumen rilisan California Air Resources Board (CARB) mengindikasikan bahwa New Yamaha YZF-R1S sudah mendapatkan lampu hijau dan siap dilempar ke pasar Amerika Serikat sebagai model 2016. Namun, sampai sekarang detail mengenai superbike yang satu ini masih menjadi misteri dan belum diungkap sama sekali.

    Sebagian orang meyakini akhiran huruf “S” pada nama model tersebut memiliki kepanjangan “Street”, yang berarti bahwa R1S akan menjadi versi yang lebih street-legal dari superbike Yamaha.

    Tentunya itu juga berarti bahwa R1S akan memiliki spesifikasi teknis yang lebih rendah, roda dan komponen pengereman yang lebih murah, serta suspensi konvensional.

    Kemungkinan Yamaha R1S akan mempunyai karakteristik yang mirip dengan Yamaha R6S, sebuah versi yang lebih jinak dari YZF-R6 yang mengusung garpu teleskopik tradisional dan bukan tipe upside down. Sejumlah perbedaan lain juga membuatnya lebih kuat dibanding model standar.

    Penjabaran di atas bisa saja berlaku jika penamaan “S” benar-benar berarti “Street”. Tapi apa jadinya jika huruf tersebut menyimpan makna “Sport” atau bahkan “Special”? Nah, kalau begini lain lagi ceritanya.

    Terlepas dari kenyataan bahwa Yamaha sudah merilis versi yang lebih tinggi dari R1, yaitu R1M, tetap saja tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada ruang untuk menghadirkan kembali cita rasa yang lebih sporty dari model dasar YZF-R1.

    Dokumen California Air Resources Board (CARB)
    Dokumen California Air Resources Board (CARB)

    Sebelumnya YZF-R1M juga merupakan produk street-legal, namun ditawarkan dalam jumlah terbatas, sehingga hanya beberapa orang atau tim balap yang beruntung saja yang bisa memilikinya, itu pun jika mereka punya cukup uang dan melakukan pemesanan tepat waktu.

    Mungkin sebuah versi lain dari Yamaha R1 yang berspefisikasi lebih tinggi serta bisa melaju di trek dan kota akan meluncur dengan stok yang lebih banyak, kenapa tidak? Demi menawarkan kecepatan kepada lebih banyak orang. Jelas kita tak bisa menampik kemungkinan munculnya versi istimewa ini.

    New Yamaha YZF-R1 Terjun di Balap Suzuka 8 Hours 2015
    New Yamaha YZF-R1 Terjun di Balap Suzuka 8 Hours 2015

    Bagaimanapun juga, kita sudah pernah melihat edisi terdahulu dengan akhiran nama “SP” di tahun 2008, meskipun model tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibanding R1 standar, seperti Ducati Panigale R.

    Jadi pada dasarnya, skema serupa diyakini akan dipakai untuk Yamaha R1S, sebuah sportbike yang bisa jadi akan memperkenalkan komponen tertentu dengan spesifikasi lebih tinggi serta bobot yang lebih enteng.

    Namun sampai Yamaha memberikan keterangan resmi terkait arah rencananya dalam mengembangkan platform R1 sebelum menambahkan embel-embel “S”, kita hanya bisa menebak-nebak dengan sederetan dugaan seperti dalam artikel ini.

    Sumber: autoevolution | asphaltandrubber

    KOMENTAR