Moge Retro dan Petualang Lokal Harga Rp 60-80 Jutaan

    Moge Retro dan Petualang Lokal Harga Rp 60-80 Jutaan

    SHARE
    Soib Adventure
    Soib Adventure

    MESINBALAP.com – PT Hobby Motor Indonesia (HBMI) telah resmi memperkenalkan Brand sepeda motor lokal Soib Motors di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Sebagai pembuka, beberapa model baru pun dilepas dengan target segmen yang berbeda, dua diantaranya bergenre retro dan petualang.

    Soib Racer yang beraliran retro mengusung style sepeda motor dari masa lalu, yakni antara tahun 70 hingga 80-an. Tipe ini dihadirkan sebagai respon HBMI terhadap suara konsumen tanah air yang sangat mendambakan nuansa nostalgia dengan tunggangan yang berdesain klasik.

    Model yang satu lagi adalah Soib Adventure, yang diciptakan khusus bagi para bikers yang doyan bertualang dan membelah berbagai jenis medan. Dukungan dari jantung impor berkapasitas 400cc yang didatangkan dari Perancis, ditambah dengan banderol yang murah, membuat HBMI optimis bahwa model ini akan mendapat respon positif.

    Direktur HBMI Michael Sofyan mengungkapkan bahwa keputusan perusahaan untuk berpartisipasi dalam IIMS 2015 adalah untuk lebih memperkenalkan brand yang dipegangnya kepada masyarakat.

    Sekarang mereka “tidak berbicara sepeda motor nasional, tapi yang penting merek lokal dulu.” Karena keperluan komponen juga masih sangat bergantung kepada impor dari Perancis, namun perakitannya dilakukan di pabrik milik HBMI sendiri di Bogor.

    Sepasang model baru yang diusung oleh Soib Motors masih mengemas sistem bahan bakar karburator. Akan tetapi keduanya diklaim sudah memenuhi standar emisi Euro 3. Berbicara tentang banderol, Soib Racer meluncur dengan harga Rp 65 juta, sementara Soib Adventure dipatok Rp 82 juta, kedua harga tersebut berstatus OTR (On The Road).

    Bidik Kelas 125-250cc

    Model 400cc bukanlah satu-satunya jenis amunisi yang dimiliki oleh SOIB Motors, namun saat ini ada juga model lain yang sudah dalam penggarapan. Menargetkan segmen yang berbeda, tipe kali ini mengandalkan mesin dengan rentang kapasitas 125cc dan 250cc dan seperti sebelumnya, komponen masih pakai buatan Perancis.

    Memang untuk saat ini model 400cc masih menjadi ujung tombak SOIB Motors karena banyak faktor, diantaranya adalah karena kebutuhan power yang lebih besar demi menawarkan kemampuan menjelajah dan berpetualang. Sementara untuk model baru 125cc atau 250cc, belum ada keterangan resmi menyangkut identitasnya, satu hal yang pasti adalah produk baru ini akan beraliran sport.

    Di Indonesia, sebetulnya SOIB Motors bukanlah nama baru, brand ini sudah pernah di-launching oleh HBMI pada tahun 2007. Kala itu sepeda motor yang diusung adalah jenis trail enduro dengan mesin 250cc. Namun kemudia SOIB Motors mati suri akibat tak mampu bersaing di pasar.

    Kini brand tersebut telah dibangkitkan kembali oleh HBMI. Pabrik perakitan juga telah disediakan di Bogor, Jawa Barat. Disana jugalah kedua model baru, Soib Racer dan Soib Adventure dirakit dengan kapasitas 85 hingga 100 unit perbulan. Kedepannya, HBMI berjanji untuk meningkatkan kapasitas serta memperbanyak penggunaan komponen lokal.

    Sumber: Kompas

    KOMENTAR