Penampakan Pertama Skuter Listrik Buatan Indonesia

    Penampakan Pertama Skuter Listrik Buatan Indonesia

    SHARE
    Skuter Listrik Buatan Anak Negeri
    Skuter Listrik Buatan Anak Negeri (Foto: Pius/Okezone)

    MESINBALAP.com – Hasil kerjasama Garansindo Inter Global dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam menggarap proyek sepeda motor listrik mulai dapat dilihat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Baik prototype maupun sketsanya sudah bisa dijumpai di booth Garansindo-ITS.

    Prototype

    Tampil naked tanpa baju, prototype skuter listrik Garansindo memperlihatkan dengan jelas penggunaan frame tubular. Disamping itu, tampak juga sistem penggeraknya, baterai dan sistem pengaturnya, alat kontrol elektronik, penampang indikator, serta sistem monitor kerja.

    Agus Mukhlisin yang merupakan salah satu petugas riset di ITS menjelaskan bahwa kemitraan Garansindo-ITS hanya berfokus pada bagian elektronik dan sistem penggerak. Jadi penelitian dan pengembangan difasilitasi oleh ITS, sebab Garansindo menginginkan produk dengan nuansa lokal yang kental.

    Maka sekitar 80 persen komponen memakai buatan dalam negeri, sementara baterai – yang masih belum tersedia – akan tetap mengimpor, rencananya kalau tidak dari Jepang ya dari China.

    Pembentukan desain body tak menjadi tugas ITS, namun dipercayakan pada Italjet, brand sepeda listrik Italia yang telah resmi diakuisisi oleh Garansindo.

    Kendati konsep sudah ditangan, namun berbagai ubahan serta keputusan baru mungkin akan diterapkan sebelum memasuki poses produksi. Diantara poin yang sedang dipertimbangkan adalah pemakaian suspensi belakang tunggal, penempatan baterai dan komponen, serta penggunaan rantai.

    Sketsa

    Menilai dari wujud sketsa, tampak desain khas Italia yang futuristik dengan body monokok. Sketsa menampilkan dua model dengan warna jingga dan hijau. Ada pula satu gambar lain yang menunjukkan urutan perancangan body.

    Dalam kerjasamanya dengan Garansindo, ITS kebagian tugas untuk menciptakan rancangan frame, sistem penggerak dan monitor kerja serta melakukan pengujian sampai bisa menghasilkan model produksi. Apa yang ditampilkan di IIMS saat ini bukanlah suatu rancangan pasti, jadi perubahan masih mungkin diterapkan.

    Dari segi spek penggerak, skuter listrik Garansindo mengemas motor listrik yang berdaya 6,7 tk dan torsi 15 Nm, berpendingin cairan dan dapat menghasilkan rotasi mesin maksimum 3.000 rpm. Soal jarak tempuhnya, skuter ini mampu menjelajah sejauh 80 km dengan baterai full. Pengisian ulang daya akan memakan waktu 1,5 jam dengan tegangan listrik 1.500 watt.

    Sumber: Kompas | Foto: Okezone

    KOMENTAR