Superbike Ducati Siap Integrasikan Mesin V4 MotoGP dari Prototipe GP15

    Superbike Ducati Siap Integrasikan Mesin V4 MotoGP dari Prototipe GP15

    SHARE
    Ducati GP15 (Andrea Iannone)
    Ducati GP15 (Andrea Iannone)

    MESINBALAP.com – Rumor segar yang beredar mengatakan bahwa Ducati sedang melakukan upgrade besar untuk jajaran superbike-nya, dengan mesin terkini Superquadro siap dicopot dan digantikan dengan unit penggerak terbaru dari hasil pengembangan Ducati Corse.

    Jika rumor ini dapat dipercaya, maka keluarga Ducati Panigale tidak akan lagi memakai jantungnya yang sekarang, melainkan akan ditanami dengan sumber tenaga baru yang mengadopsi teknologi Ducati MotoGP besutan Gigi Dall’Igna.

    Mesin baru diperkirakan akan siap di tahun 2018, jadi sebetulnya masih ada umur cukup panjang untuk jantung Panigale. Mesin GP15 sendiri masih berada dalam tahap awalnya. 2015 merupakan tahun pertama mesin tersebut digunakan, jadi tak diragukan lagi bahwa ada banyak hal yang perlu diperbaiki berdasarkan data race sepanjang musim.

    Bagaimanapun juga, motor dan mesin baru yang diciptakan oleh Dall’Igna merepresentasikan upgrade radikal dari Ducati yang jauh melampaui berbagai ubahan yang pernah diterapkan sebelumnya.

    Faktanya, motor baru garapan Dall’Igna membuat Ducati mampu bertarung lebih hebat di kelas premier MotoGP. Dengan keberhasilan meraih podium serta menyuguhkan pertarungan sengit di trek, hal ini membuktikan bahwa hasil pengembangan yang baru sudah cukup kompetitif.

    Gigi Dall'Igna
    Gigi Dall’Igna

    Ducati berniat memanfaatkan kemampuan engineering Dall’Igna untuk segmen yang lebih luas, dengan World Superbike sebagai target berikutnya. Ini berarti bahwa raksasa merah sedang menggodok sebuah platform homologasi baru berdasarkan mesin Panigale yang baru, dan mungkin juga menciptakan sebuah arsitektur baru.

    Satu lagi rumor menyebutkan bahwa Panigale akan kembali ke mode performa tinggi dengan menggunakan sasis perimeter aluminium. Jadi mesin Mesin 1000cc V4 tidak lagi digunakan sebagai inti dalam arsitektur Panigale ini.

    Generasi baru superbike tersebut dikabarkan akan menerima sebuah arsitektur yang lebih tradisional, berbasis pada frame perimeter aluminium yang membungkus jantung motor. Tentu rasanya penasaran untuk melihat seberapa besar tingkat keberhasilan program MotoGP jika dibawa ke kelas superbike dan mencapai street level.

    Tapi yang terpenting adalah, tampaknya Ducati akan menghadapi masa depan yang cerah di dunia balap di bawah pimpinan Gigi Dall’Igna. Bahkan mungkin Dall’Igna akan menjadi salah satu tokoh paling terkemuka dalam sejarah baru brand asal Italia tersebut.

    KOMENTAR