Bakal Sekeren Apakah Honda Project 2&4?

    Bakal Sekeren Apakah Honda Project 2&4?

    SHARE
    Honda RC213V & NSX Concept-GT
    Honda RC213V & NSX Concept-GT

    MESINBALAP.com – Honda memang berencana menggabungkan teknologi sepeda motor dan mobil dalam sebuah proyek yang diberi nama “Honda Project 2&4”. Sejujurnya ide ini cukup mengejutkan, apalagi jika mengingat RC213V-S versi produksi yang punya spesifikasi performa mengecewakan, ditambah dengan harganya yang sama sekali tidak bersahabat.

    Sebetulnya menciptakan mobil dengan mesin sepeda motor balap bukanlah sebuah ide baru. Namun sepertinya para automaker tak pernah merasa cukup dengan kendaraan aneh ini.

    Hanya sedikit info yang dapat diketahui tentang Honda Project 2&4, jadi sulit diprediksi apakah proyek ini akan berujung pada produksi atau Honda hanya ingin bereksperimen pada pengembangan desain saja.

    Beberapa tahun yang lalu, segmen semacam ini pernah terlihat menjanjikan dengan kemunculan Polaris Slingshot sebagai pemain tunggal. Tentu saja Slingshot diperkuat oleh mesin EcoBoost, dan bukan sepeda motor.

    Namun pada dasarnya ide yang dihadirkan sama saja, yakni kendaraan roda tiga atau empat dengan atap terbuka yang bisa berlari kencang dan menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

     Prototype MotoGP Honda RC213V
    Prototype MotoGP Honda RC213V

    Menurut rilis resmi yang agak minim, Honda Project 2&4 merupakan hasil kolaborasi antara “pusat desain sepeda motor di Asaka dan pusat desain mobil Honda di Wako, Jepang”. Tujuannya ialah untuk menggabungkan kebebasan berkendara sepeda motor dan kemampuan manuver sebuah mobil.”

    Honda tak menjelaskan apakah kendaraan ini akan menggunakan mesin prototipe RC213V seperti yang digunakan di MotoGP, ataukah mesin versi street-legal RC213V-S. Tapi versi jalan raya kedengarannya lebih masuk akal untuk menjadi kenyataan, sebab dengan begitu Honda akan memiliki lebih banyak mesin jika Project 2&4 berkembang.

    Honda NSX Concept-GT
    Honda NSX Concept-GT

    Yang lebih membuat penasaran, konfigurasi manakah yang akan digunakan oleh Honda? Versi standar, 159 HP atau versi upgrade dengan racing kit yang mampu memproduksi power 215 HP?

    Ngomong-ngomong soal racing kit sendiri, harganya cukup ‘gila’. Di Eropa, paket tersebut dibanderol €200.000 atau sekitar Rp 3,1 miliar. Dengan separuh dari dana itu saja, kita sudah bisa bawa pulang moge supersport yang lebih ganas dan powerfull.

    Honda RC213V 2015
    Honda RC213V 2015

    Jika Project 2&4 ini akan mengadopsi teknologi mesin dari RC213V-S – sambil membayangkan perkiraan harga tadi – mungkinkah Honda berani meresmikan versi produksinya??

    Honda sudah merilis sebuah video dibalik layar yang menampilkan Casey Stoner sedang mengendarai RC213V-S. Tapi apa iya, kharisma dan status legenda Stoner bisa bikin orang kepincut beli produk yang harganya selangit?

    KOMENTAR