Prototype Mobil Google Segera Mendarat di Austin

    Prototype Mobil Google Segera Mendarat di Austin

    SHARE
    Google self-driving car prototype
    Google self-driving car prototype

    MESINBALAP.com – Google bersiap membawa prototype dari mobil self-driving buatannya ke Austin, Texas, Amerika Serikat. Raksasa Internet sebut telah melakukan pengujian terhadap SUV Lexus yang juga bersistem kemudi otomatis selama beberapa bulan belakangan, kini giliran mobil barunya yang imut-imut yang diciptakan dari nol, yang akan menjalani test drive.

    Kota Austin sepertinya telah memberikan kesan tersendiri terhadap Google, di luar kampung halamannya di Mountain View, Austin akan menjadi kota pertama dimana mobil mininya tersebut akan diuji. Kabarnya sejumlah prototype akan tiba dalam beberapa minggu kedepan.

    “Kami akan mulai mengujinya di jalanan di sebuah area kecil di utara dan timur laut dari pusat kota,” kata Google dalam press releasenya. Google juga menjelaskan bahwa Lexus dan mobil otomatis barunya akan tetap menjalani uji keselamatan berkendara.

    Dilansir via NBC News, Mobil baru Google akan menggunakan software yang sama dengan CrossoverLexus RX450h, dan meskipun prototype ini sepenuhnya otomatis, namun akan tetap dilengkapi dengan roda kemudi, pedal akselerasi serta rem, agar driver dapat mengambil alih kemudi jika berada dalam situasi darurat.

    Sebelumnya prototype mobil ini pernah dilaporkan mengalami beberapa kecelakaan di jalan. Kendati demikian, sebetulnya insiden bukan disebabkan oleh kegagalan kinerja dari mobil Google sendiri, melainkan dikarenakan kesalahan dari pengemudi mobil lain yang kebetulan berada di jalan yang sama.

    Google menjelaskan bahwa ada beberapa perbedaan kecil antara Austin dan Mountain View dalam hal lanskap jalan yang sebenarnya. Seperti misalnya, Austin memiliki lampu lalu lintas horisontal, akan tetapi Mountain View punya lampu yang berbentuk vertikal. Disamping itu, mereka juga ingin mempelajari bagaimana reaksi penduduk setempat terhadap kehadiran Lexus dan kendaraan prototype otomatisnya.

    “Ini sangat berguna bagi kami untuk bisa hadir di kota dimana kendaraan self-driving benar-benar menjadi sesuatu yang baru bagi warga. Di Mountain View, orang sudah terbiasa melihat kami selama bertahun-tahun, sehingga reaksi mereka bisa jadi berbeda dibandingkan seseorang yang baru melihat kami untuk pertama kalinya.”

    KOMENTAR