Konsep BMW R1200S Terbaru dengan Aura Ducati Panigale dan Yamaha YZF-R1

    Konsep BMW R1200S Terbaru dengan Aura Ducati Panigale dan Yamaha YZF-R1

    SHARE
    Konsep BMW R1200S
    Konsep BMW R1200S

    MESINBALAP.com – Desainer otomotif asal Perancis, Nicolas Petit, kembali meluncurkan karya segarnya yang disebut-sebut sebagai konsep BMW R1200S. Konsep ini dibangun di atas platform mesin liquid-cooled baru dan kelihatannya banyak mencomot dari desain BMW R1200RS 2015.

    Sebelumnya, BMW R1200RS 2015 sendiri sudah pernah tampil di event akbar EICMA di Milan, Italia, dan memang motor yang satu ini mengagumkan. Namun jika nantinya sebuah versi baru yang sedikit lebih radikal dan sporty meluncur, tentu tidak ada konsumen yang akan menolaknya?

    Dilansir via Autoevolution, desainnya sangat terinspirasi dari bentuk BMW R1200RS. Namun sang desainer menggunakan pola lengkungan baru yang dimaksudkan untuk menggabungkan antara bagian cowl depan, tangki, hingga ke bagian ekor yang tinggi.

    Terlihat dalam gambar rancangannya, Petit memilih mengembalikan desain simetris pada fairingnya, sebuah hal yang mungkin akan memisahkan opini para fans BMW. Dari konsep R1200S ini, kita juga bisa merasakan sedikit getaran ala Ducati Panigale, serta setetes DNA dari Yamaha YZF-R1.

    Jadi rasanya konsep ini layaknya saudara sepupu dari kedua superbike tersebut. Kalau diperhatikan dengan seksama dari samping, maka kita akan menyadari bahwa ujung depan konsep R1200S ini secara diam-diam mengambil sedikit aura agresif dari Panigale.

    Dari samping kelihatan ada unsur Panigale
    Dari samping kelihatan ada unsur Panigale

    Sementara itu jika kita menengok ke bagian depan, maka tanpa sadar kita akan teringat pada YZF-R1 2015. Namun, kedua detail tersebut sangat halus dan sulit diraba, sehingga mungkin tidak akan dianggap sebagai sebuah kekurangan.

    Pelindung katup tampak berbeda dari yang ada pada mesin R1200 LC, karena Petit membayangkan mesin baru yang mampu menghasilkan timing valve variatif. Jantung yang direvisi ini mungkin akan mampu memasuki zona power 160 HP, menjadikan R1200S lebih perkasa dari R1200RS yang hanya bertenaga 125 HP.

    Semoga saja nantinya konsep ini bisa dirubah menjadi motor sungguhan oleh Wunderlich, modifikator ikonis BMW yang biasa menjadi partner Nicolas Petit. Dengan demikian, maka kita bisa benar-benar tahu seberapa garang konsep R1200S jika dibawa ke dunia nyata.

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR