Penjualan Xenia Lesu di Jawa Barat, Pikap Daihatsu Malah Makin Laris

    Penjualan Xenia Lesu di Jawa Barat, Pikap Daihatsu Malah Makin Laris

    SHARE
    Daihatsu Great New Xenia
    Daihatsu Great New Xenia

    MESINBALAP.com – Di tahun 2015 ini, total penjualan bulanan untuk seluruh brand kendaraan di Provinsi Jawa Barat mencapai 7000 unit. Dari jumlah tersebut, mobil tipe LMPV alias kendaraan multifungsi kelas bawah telah meraup porsi bulanan sebanyak 1800 unit.

    Membahas brand yang lebih spesifik, di segmen LMPV, Daihatsu Xenia memiliki porsi 11 persen atau berhasil laku sekitar 200 unit per bulan. Data penjualan ini diperoleh berdasarkan keterangan dari Budiman Setiadiwirya selaku Regional Head of West Jawa Arena .

    Menurut Budiman, total angka penjualan Daihatsu ini “sudah menurun” jika dibandingkan dengan 2014 lalu, penurunannya cukup besar yakni mencapai 31 persen. Faktor utama dibalik anjloknya penjualan ini tak lain adalah karena persaingan yang semakin ketat di pasar.

    Dilansir dari KompasOtomotif, mungkin di tahun-tahun sebelumnya kita hanya menjumpai dua brand saja di segmen Low MPV, namun sekarang pemainnya sudah banyak. Karena itulah semuanya harus rebutan tempat, sehingga menyebabkan berkurangnya porsi penjualan untuk brand yang lama.

    Kendati jumlah penjualan mobil di Jawa Barat sedang menurun, namun segmen pikap malah bergejolak, khususnya untuk brand Daihatsu yang mengalami peningkatan penjualan. Tahun lalu penjualan bulanan untuk seluruh brand pikap tercatat 1200 unit, sedangkan tahun ini angkanya berubah menjadi 1245 unit atau meningkat sebanyak 3 persen.

    Budiman mengungkapkan bahwa kini penjualan Daihatsu paling banyak ada di segmen pikap, dimana mereka berhasil menjual 400 unit per bulan. Diantara model yang paling banyak berkontribusi adalah Ayla 241 unit, lalu disusul oleh Xenia, Terios, dan model-model lainnya.

    KOMENTAR