Ini Beda Yamaha Vega-Force FI Dibanding Pendahulunya

    Ini Beda Yamaha Vega-Force FI Dibanding Pendahulunya

    SHARE
    New Vega-Force FI
    New Vega-Force FI

    MESINBALAP.com – Walaupun jantung dan tampilannya sama dengan Yamaha Force, generasi baru Vega-Force secara khusus memiliki perbedaan pada bagian mesinnya, itulah mengapa motor ini bisa lolos uji emisi Euro 3.

    Menurut GM Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, Vega Force memakai Keihin pada Throttle body dan ECU-nya, sementara pendahulunya Force memakai Mikuni. Disamping itu, pembaruan juga diterapkan pada intake manifold-nya, sehingga “lebih mirip Jupiter Z1”.

    Tujuan dari pemilihan Keihin sendiri adalah untuk mengirit ongkos produksi, sebab throttle body dan ECU skutik Yamaha juga mencomot dari vendor yang sama. Perubahan posisi injektor dan intake manifold telah membuat Vega Force memiliki “flow lebih bagus sehingga lebih bertenaga tapi makin irit”.

    Yang tak ketinggalan mendukung lolosnya motor ini dalam uji emisi Euro 3 adalah konfigurasi knalpotnya yang kini mendapatkan tambahan logam pada bagian catalityc converter, yakni terdiri dari rhodium, palladium, dan platinum. Sementara pada sisi engine tetap memakai forged piston.

    Yamaha menghadirkan Vega Force sebagai wujud baru dari penyatuan Vega RR dan Force. Dengan demikian, maka kedua bebek lama Yamaha ini telah resmi dihapus dari list produk Yamaha Indonesia. Vega Force meluncur dengan target penjualan 8-10 ribu unit setiap bulannya.

    KOMENTAR