Sirkuit Sentul Siap Direnovasi untuk Gelar MotoGP 2017

    Sirkuit Sentul Siap Direnovasi untuk Gelar MotoGP 2017

    SHARE
    Marc Marquez geber Honda RC213V di Sirkuit Sentul
    Marc Marquez geber Honda RC213V di sirkuit Sentul (Foto: Donnyantoro/Motorexpertz)

    MESINBALAP.com – Bagaimana seandainya Sirkuit Internasional Sentul di Kabupaten Bogor, Jawa Barat masuk ke dalam list sirkuit MotoGP? Wah, pasti bakalan seru dong ya, soalnya ajang balap motor paling berkelas di muka bumi itu akan bisa diselenggarakan di Indonesia setiap tahun.

    Nah, sekarang sebuah laporan baru memunculkan harapan bahwa hal itu bisa saja jadi kenyataan dalam beberapa tahun kedepan. Kabar menyebutkan bahwa Sirkuit Sentul yang punya panjang 4,12 km akan menerima perombakan mulai awal 2016 guna memastikan kesiapannya untuk dipakai ngaspal motor-motor superpower dari MotoGP.

    Dilansir dari KompasOtomotif, kabar ini telah dikonfirmasi oleh Lola Moenek selaku General Manager Sirkuit International Sentul. Target yang ditetapkan adalah “agar gelaran MotoGP bisa terealisasi di Indonesia pada 2017 mendatang.”

    Menurut Lola, sebetulnya Sirkuit Sentul sendiri sudah cukup siap untuk mewadahi event MotoGP, sebab jika menengok ke belakang, pada masa jayanya di tahun 1996-1997 silam, sirkuit ini sudah pernah digunakan dalam ajang balap bergengsi tersebut.

    BACA JUGA: Akhirnya Indonesia Siap Gelar MotoGP 2017!! Peluangnya Besar

    Bahkan ketika itu sosok-sosok legendaris seperti Michael Doohan, Max Biaggi, dan – yang sampai sekarang masih powerful – Valentino Rossi, pernah tampil di sirkuit ini.

    Sekarang Sirkuit Sentul kondisinya berada di grade 3, sehingga dibutuhkan perubahan besar untuk bisa menaikkannya ke grade 1 sesuai standarisasi MotoGP. Lola mengungkapkan bahwa kini pihaknya telah mendatangkan tiga arsitek dan konsultan dunia “yang memang direkomendasi untuk membuat sirkuit khusus MotoGP dan F1.”

    Di bawah ini adalah data lengkap dari Sirkuit Sentul:

    Panjang sirkuit: 4,02 km dengan 11 tikungan
    Trek lurus terpanjang: 900 meter
    Lebar: 15 meter
    50 garasi pit dan 2 tribun tertutup
    Rekor Fastest lap: 1 menit 15,686 detik (Bruno Senna, Trust Team Arden, 2008)

    KOMENTAR