Edian, Mobil Jelek Ini Laku Terjual Rp 15 Miliar!!

Edian, Mobil Jelek Ini Laku Terjual Rp 15 Miliar!!

SHARE
Mobil Kuno Bentley 4 1/2 1929
Mobil Kuno Bentley 4 1/2 1929 (Foto: Bonhams)

MESINBALAP.com – Dideskripsikan sebagai “salah satu temuan” dari beberapa dekade silam, Bentley 4 1/2 1929 ini telah menghabiskan waktu selama 30 tahun ‘mengumpulkan banyak debu’ di garasi.

Pada tahun 1935, mobil ini dibeli oleh kakek dari si pemilik yang sekarang dan pada masa itu biasanya digunakan untuk berkeliling Inggris saat liburan keluarga, bahkan pernah juga dipakai untuk menarik gerobak di belakangnya.

Bentley kuno ini vakum dari jalan raya pada tahun 1985, dan sejak saat itu diparkir di sebuah gudang di Surrey, Inggris, dimana mobil tersebut tetap berada disana sampai dikeluarkan kembali sekitar tiga bulan yang lalu.

Dilansir dari ITV News, cucu dari pemilik Bentley tersebut menyangka bahwa kendaraan kuno tersebut bisa laku £30.000 (Rp 657,4 juta) jika dijual. Namun tak terpikir olehnya jika tempat pelelangan seperti Bonhams sangat tertarik untuk menjualnya.

Dan ketika spesialis barang antik, Rob Hubbard, membuka gudang dan melihat mobil antik tersebut untuk pertama kalinya, matanya langsung terbelalak. Dia menyebut barang rongsokan itu sebagai sebuah temuan “benda suci”. Dia terkesan melihat sasis, mesin, gardan, gearbox serta interiornya yang masih asli.

Mobil kuno itu pun kemudian diboyong ke tempat pelelangan Bonhams di Hampshire, Inggris, pada hari Sabtu (5/9/15) dan dipatok dengan harga awal £150.000 sampai £200.000 atau sekitar Rp 3,2 – 4,3 miliar.

“Sang penjual belum lama ini menemukan mobil tersebut dipenuhi debu di garasi kakeknya, dan mengharapkan harga jual separuh dari jumlah yang berhasil kami dapatkan di pelelangan hari ini,” kata Rob Hubbard.

Tapi kemudian terjadi perang tawar-menawar di ruang pelelangan dan di jalur telpon, sampai akhirnya muncullah seorang pembeli yang berani membayar dengan harga ekstrim yakni £695.000 (Rp 15,2 miliar).

Bentley 4 1/2 1929
(Foto: Bonhams)

Harga tersebut jelas terbilang edan untuk sebuah barang temuan di gudang yang masih perlu direstorasi. Kini sang pemilik baru Bentley 4 1/2 1929 – yang tak disebutkan identitasnya harus membangkitkan ‘nyawa’ mobil tua itu agar bisa kembali ngaspal di jalan raya.

Bentley 4 1/2 1929 merupakan sebuah produk yang meluncur antara tahun 1927 dan 1930. Dahulu sosoknya dihadirkan sebagai pemimpin dari semua mobil sport di jamannya.

Dalam literatur klasik Bentley, mereka mengatakan bahwa 4 1/2 diciptakan khusus bagi “para pengendara yang ingin tampil beda sampai mereka yang suka menikmati akselerasi, kecepatan tinggi, dan desain yang menakjubkan.”

“Itu adalah sebuah temuan yang luar biasa. Sasis, mesin, gardan, gearbox, nomor kotak kemudi, semuanya komplit tanpa kurang suatu apapun. Bagian interior masih sepenuhnya asli dalam balutan leather hijau yang indah. Untuk sebuah mobil yang berusia lebih dari 80 tahun, ini benar-benar mencengangkan”, pungkas Hubbard.

KOMENTAR