Intip KTM Duke 690 2016: Mesin Lama Tapi Powernya Baru

    Intip KTM Duke 690 2016: Mesin Lama Tapi Powernya Baru

    SHARE
    KTM Duke 690 2016
    KTM Duke 690 2016

    MESINBALAP.com – Sempat dirumorkan akan mengadopsi jantung baru dua silinder, KTM Duke 690 ternyata masih akan mengandalkan mesin single-cylinder sampai setahun kedepan. Hal ini telah dikonfirmasi oleh KTM untuk meluruskan kabar burung yang banyak beredar.

    Soal detail speknya akan diungkap secara resmi di EICMA Milan, Italia, pada bulan November mendatang. Untuk saat ini yang sudah keluar baru foto prototipenya, serta sejumlah info revisi yang diterapkan pada Duke 690.

    KTM memang sudah mengambil langkah pengembangan untuk menciptakan mesin dua silinder, namun sepertinya mesin baru tersebut belum siap digunakan sampai 2017 mendatang. Hingga kini Duke 690 masih menjadi ujung tombak KTM untuk melawan Yamaha MT-07 dan MT-09 di pasar Eropa.

    Meskipun mesinnya masih memakai model lama, namun unit tipe LC4 tersebut sudah dikorek dengan penambahan diameter silinder serta pemendekan stroke, sehingga kapasitasnya bisa mencapai kisaran 690cc. Puncak rotasi mesin ditambah sampai 1,000 rpm.

    Sejalan dengan ubahan tersebut, shaft kedua pun telah ditambahkan guna menyeimbangkan dan meminimalisir vibrasi. Dan terlepas dari diameter silinder yang lebih besar, blok mesin masih mampu menerapkan desain yang lebih lengkap.

    KTM Duke 690 2016 - Foto 02

    Berkat revisi ini, mesin Duke 690 yang baru akan memperoleh peningkatan power sebesar 7 persen dan torsi 6 persen dari pendahulunya. Disamping itu, output baru tersebut dapat diraih pada rotasi mesin yang lebih rendah. Dengan kata lain, motor ini akan jadi lebih responsif.

    Bagian exhaust kelihatannya sama saja dengan model 2015, akan tetapi yang terbaru ini sudah dirubah hingga sesuai dengan standar emisi Euro 4.

    KTM Duke 690 2016 akan mengusung tiga riding mode yang terdiri dari Street, Sport, dan Rain, yang pergantiannya bisa dilakukan via tombol di setang sebelah kiri. Salah satu fitur standar yang ditanamkan adalah ABS besutan Bosch, sedangkan traction control akan ditawarkan sebagai fitur opsional.

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR