BMW Tengah Racik Frame Motor Produksi Berbahan Serat Karbon

    BMW Tengah Racik Frame Motor Produksi Berbahan Serat Karbon

    SHARE
    Rangka BMW S1000RR
    Rangka BMW S1000RR (Foto: Gizmag)

    MESINBALAP.com – Di masa sekarang ini, material serat karbon tak lagi eksklusif dipakai pada frame kuda besi MotoGP, namun motor produksi masal pun juga akan menggunakannya.

    Salah satu contohnya akan datang dari BMW Motorrad yang saat ini sedang mengembangkan rangka motor berbahan serat karbon. Tentunya hal ini akan memberikan nilai lebih nantinya pada motor produksi BMW.

    Jika menengok ke masa lalu, BMW sejatinya sudah berpengalaman menciptakan rangka berbahan full serat karbon pada mobil listrik i3 dan i8, yang mana keduanya sudah dipasarkan dan ngaspal di berbagai tempat di luar negeri tanpa kekurangan atau kelemahan apapun.

    Untuk sekarang material utama BMW yang dipakai untuk rangka motor masih mengandalkan logam aluminium dan baja. Jika nantinya penerapan bahan serat karbon ini sudah sempurna, maka motor produksi BMW akan menjadi jauh lebih ringan, sebab bobotnya bisa berkurang sampai 40 persen.

    BMW bakal membuat dua jenis rangka dalam pengembangannya nanti yakni tipe teralis dan twin-spar. Rencananya setelah proses development selesai, rangka serat karbon ini akan diaplikasikan pada line-up motorsport BMW kelas atas, contohnya seperti S1000RR.

    KOMENTAR