Yamaha YZF-R15S Segera Mengaspal, Inikah Versi 3.0 Yang Dinanti-Nanti??

    Yamaha YZF-R15S Segera Mengaspal, Inikah Versi 3.0 Yang Dinanti-Nanti??

    SHARE
    Yamaha YZF-R15 V2.0
    Yamaha YZF-R15 V2.0

    MESINBALAP.com – Yamaha Motor India dikabarkan tengah bersiap meluncurkan sportbike terbaru YZF-R15S yang akan dibanderol seharga INR 114.000 atau sekitar Rp 24,5 juta.

    Apakah ini R15 versi 3.0 yang dinanti-nantikan itu?? Yang katanya punya performa lebih baik dibanding model saat ini? Sayang sekali, ternyata bukan bro, Yamaha India malah memutuskan untuk mundur satu langkah. Sebab sejatinya YZF-R15S adalah model pra-facelift alias R15 V1.0 (generasi pertama), atau bisa disebut model lama yang didaur ulang. hehe

    Yamaha India akan memasarkan R15-S sebagai varian murah meriah yang setara dengan R15 Version 2.0, strateginya sama seperti Seri FZ dan Fazer dengan model V1 dan V2 yang diluncurkan secara serentak,

    Menurut sejarahnya, Yamaha YZF-R15 pertama kali meluncur pada tahun 2008 yang lalu sebagai sebuah motorsport 150cc dengan suntikan DNA R-Series dari pabrikan garpu tala. Di Indonesia sendiri motor ini baru mengaspal tahun lalu dan diproduksi secara lokal oleh YIMM.

    Sportbike full-fairing itu kemudian direfresh pada tahun 2011 dengan sebutan R15 V2.0 dan perubahannya saat itu meliputi split seats/jok terpisah, ban belakang lebih gambot, swing-arm lebih panjang, ECU baru dan lampu belakang LED.

    Sosok Yamaha YZF-R15S, model lama yang didaur ulang
    Sosok Yamaha YZF-R15S, model lama yang didaur ulang

    Aneh ya kok Yamaha India malah berniat membangkitkan R15 V1.0? Terlepas dari hal itu, Yamaha R15-S bakal mendapatkan sederetan ubahan demi membuatnya tetap up-to-date.

    Perubahannya meliputi: penggunaan Sistem Injeksi Close Loop dengan Sensor 02, ECU baru, gear direvisi agar tarikan awal lebih responsif, swing-arm aluminium baru dan sistem pengereman baru dengan cakram belakang berukuran besar (seperti R15 V2.0).

    Yamaha R15S tidak terlalu nungging dibanding R15 generasi kedua, dan bobotnya juga lebih ringan dibandingkan dengan model yang dipasarkan saat ini. Namun, model joknya masih menyatu alias single seats mirip OLD Vixion.

    KOMENTAR