Motoprix Jogja 2015: Honda Masih Bertahan dengan Motor Karbu di Kelas Pemula,...

    Motoprix Jogja 2015: Honda Masih Bertahan dengan Motor Karbu di Kelas Pemula, Kemana Injeksinya?

    SHARE
    Roby, Honda Simple Concept
    Roby, Honda Simple Concept

    MESINBALAP.com – Motor karbu masih tetap jadi harapan team sayap terbang pada gelaran Kejurnas Motoprix yang akan berlangsung di sirkuit Non-Permanen Maguwoharjo Yogyakarta, 12-13 September 2015. Lalu kemana motor injeksi mereka?

    “Kemarin sudah melakukan uji coba buat motor injeksi, setingan yang tepat buat balapan kali ini belum ketemu. Motor injeksi tetap diturunkan, rencananya untuk seri berikutnya”, cerita Roby dari team Simple Concept Kopi Ole.

    Bisa dimaklumi karena di seri sebelumnya pembalap andalan mereka yakni Pradana Boby naik podium di kelas pemula dengan berbekal motor injeksi.

    “Pengapian motor menggunakan Pro Drag dengan alasan biar pengapiannya lancar, dengan harapan bisa mengulang prestasi di Kota Subang kemarin. Untuk kedepannya sudah pasilah akan memaki motor injeksi, mekanik juga sudah mulai paham dengan apa yang akan dilakukan dengan ECU motor, basicnya ya di power pada motor”, sambung Roby.

    Begitu pula dengan team Honda Asia Racing dengan pembalapnya Gilang Pranata Sukma. “Beberapa waktu yang lalu sempat pakai motor injeksi, sewaktu diuji cobakan peralatannya rusak (maksudnya ECU motor error)”, ujar mekanik yang bermarkas di Jl. Panjang Cidodol Kebayoran Lama, Jakara Selatan.

    Honda Asia Motor Racing
    Honda Asia Motor Racing

    “Riset masih tetap berjalan, bukan suatu hal yang mudah buat menemukan setingan yang pas pada motor. Kalau setingan sudah ketemu pembalapnya juga mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Untuk kompresi diturunkan menjadi 12,6 dengan bahan bakar Pertamax Plus”, jelasnya.

    Team Moto2 Mandiri penuh percya diri dan rasa optimis yang besar untuk balapan kali ini.

    “Perubahan yang utama pada motor terletak di kem-nya, sekarang menggunkan kem yang baru. Walaupun hari ini masih menggunakan motor karbu, untuk kedepannya tetap akan fokus ke motor injeksi”, cerita mekanik yang terlihat sibuk bongkar pasang karbu motor, duh balapan bentar lagi bro.

    “Ada banyak team yang sekarang sedang uji coba motor injeksi, kan sudah saatnya masa peralihan. Faktor lintasan juga menjadi bahan pertimbangan, hari ini lintasan lebih panjang dibandingkan dengan seri Motoprix sebelumnya yang juga dilaksanakan disini. Tikungan lebih sedikit, pembalap bisa menggeber motor sekencang-kencangnya”, lanjut doi.

    Lalu kemana motor injeksi pasukan sayap terbang hari ini? Mesinbalap dah keliling semua paddock kok belum ada yang nongol motornya, masih disimpankah? Atau sengaja belum dikeluarkan karena tuntutan pihak sponsor?

    Kita tunggu saja ada nggak motor sayap terbang hari ini yang menggunakan injeksi, khususnya untuk kelas Pemula. Sekedar mengulang kalau motor injeksi Honda mampu melejeit di Subang beberapa waktu yang lalu di Kelas MP1 dan MP2. (editor: bayu)

    KOMENTAR