Ini Kata Rossi-Lorenzo Soal Winglets Yamaha M1

    Ini Kata Rossi-Lorenzo Soal Winglets Yamaha M1

    SHARE
    Rossi jajal Yamaha M1 dengan winglets di FP4 GP San Marino 2015
    Rossi jajal Yamaha M1 dengan winglets di FP4 GP San Marino 2015

    MESINBALAP.com – Duet maut Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, sepertinya masih ragu-ragu untuk menggunakan perangkat aerodynamics winglets pada race day MotoGP Misano nanti.

    Aerodynamics winglets atau dalam bahasa Indonesia disebut Sayap, ini pertama kali dicoba Lorenzo pada Yamaha M1 nya sewaktu Free Practice 2 GP Misano, Jum’at kemarin. Hasilnya JL langsung melejit ketika menggunakan sayap baru itu, kan memang tujuannya untuk menambah aerodinamis M1.

    “Aku mencobanya saat Free Practice tapi kami merasa tidak begitu banyak perbedaannya dan kupikir kami masih harus mencobanya lebih banyak di lintasan dan lokasi lainnya, karena kami belum bisa membeberkan dengan jelas apa yang terjadi dengan sayap ini”, cerita Lorenzo yang masih ragu-ragu.

    Di era GP Modern 4-Tak, Ducati untuk pertama kalinya telah mengaplikasikan perangkat winglets seperti ini pada musim 2010 yang lalu, dan musim ini pun ditancepin lagi di Desmo GP15. Sebenarnya Yamaha juga sudah pernah menggunakannya tapi itu di Era GP500 2-Tak pada tahun 1999 silam di motor YZR500.

    Berbeda dengan Tim Honda yang memang sudah ada sayapnya sejak terlahir dulu. wkwkwkwk… “Namun di masa depan penting untuk menyelidiki sayap ini lebih lanjut, tapi mungkin juga dengan sayap jenis lainnya dan menarik untuk melihat apakah itu benar-benar bekerja. Tapi ini beda dengan sayap Formula 1, dimana hampir semuanya aerodinamis”, kata JL kepada CrashNet.

    Yang jelas baik Rossi maupun Lorenzo memutuskan untuk tidak menggunakan perangkat winglets ini di babak kualifikasi. Ya lebih baik begitu, daripada berjudi dan hasilnya buruk kan mending tidak usah dipakai dulu.

    Aerodynamics Winglets Yamaha M1 (Valentino Rossi)
    Aerodynamics Winglets Yamaha M1 (Valentino Rossi) – Foto: Crash.net

    “Dengan sayap aku itu tidak merasakan banyak perbedaan. Kadang-kadang aku merasakan sesuatu, agak banyak kontak di bagian depan, tapi kenyataannya bedanya itu kecil”, sahut The Doctor yang baru mencoba winglets ini di FP4.

    Bagi Rossi, sayap M1 ini tak banyak manfaatnya, ini hanya soal modifikasi kecil dan bedanya pun juga kecil dengan motor tanpa sayap. Malahan Rossi bilang lebih baik fokus ke setingan motor daripada ngurusin persoalan sayap yang belum tentu banyak manfaatnya.

    “Hal ini sulit dipercaya, berapa banyak orang bicara soal winglets, jadi ini sangat menarik tapi ini kecil bedanya. (Hanya) modifikasi kecil, namun anda bisa melakukan lebih banyak hal di motor untuk membuat lebih banyak perbedaan dibandingkan ngurusin soal sayap”, jelas Rossi.

    KOMENTAR