Tanda Tanya Besar Terjawab Sudah, Suzuki Bantah Rumor Soal GSX-R1000 2016

    Tanda Tanya Besar Terjawab Sudah, Suzuki Bantah Rumor Soal GSX-R1000 2016

    SHARE
    Suzuki GSX-R1000 SERT Endurance
    Suzuki GSX-R1000 SERT Endurance

    MESINBALAP.com – Sepotong berita ini mungkin akan mengecewakan para penggemar Suzuki, sebab produsen motor asal Jepang tersebut telah mengkonfirmasi bahwa tak ada rencana penyegaran untuk produk flagship-nya di 2016.

    Sebelumnya telah beredar rumor hangat jika Suzuki GSX-R1000 akan digantikan dengan sebuah model all-new, namun rumor ini telah secara resmi dibantah oleh pihak Suzuki.

    Suzuki GSX-R1000 pernah menerima upgrade besar sebelumnya di tahun 2005 silam ketika meluncur sebagai varian K5, dengan mengusung desain, sasis, serta mesin yang sepenuhnya baru. Sejak saat itu Suzuki terus menerapkan beberapa perubahan terhadap mogenya ini agar bisa lebih menyesuaikan dengan keinginan pasar.

    Perombakan terakhir dilakukan pada mesinnya di tahun 2011, ketika Suzuki menanamkan unit empat silinder segaris berkapasitas 999cc. Dengan mesin ini, GSX-R1000 mampu menghasilkan daya puncak 188 PS yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-speed dengan dukungan slipper clutch.

    Sekarang dengan kembalinya Suzuki ke MotoGP, diperkirakan generasi baru dari GSX-R1000 di masa mendatang akan mengambil basis pengembangan dari kuda besi GSX-RR MotoGP. Walau kemungkinan New GSX-R1000 tetap mengemas mesin empat silinder segaris.

    Dengan rival seperti Kawasaki dan Yamaha yang sedang gencar memperkuat amunisinya, pengembangan all-new Suzuki GX-R1000 seharusnya menjadi prioritas utama, sebab generasi motor yang sekarang sudah ketinggalan jauh, baik dari segi performa, spesifikasi, maupun perangkat elektroniknya.

    KOMENTAR