Ini Penyebab Honda Sonic 150R Kedodoran Melawan Yamaha Jupiter MX King!!

    Ini Penyebab Honda Sonic 150R Kedodoran Melawan Yamaha Jupiter MX King!!

    SHARE
    Honda Sonic 150R Kawahara Racing (Foto: Ardel)
    Honda Sonic 150R Kawahara Racing (Foto: Ardel)

    MESINBALAP.com – Honda Sonic 150R, anak baru di segmen ayago itu akhirnya memberanikan diri untuk mengadu ilmu kanuragan di Seri ke-4 Kejurnas Balap Motor 2015 (IndoPrix) di sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jawa Barat (19-20/9/2015).

    Berbanding terbalik dengan hasil kejurda yang sempat digembar-gemborkan kemarin, Sonic 150R justru malah keok lawan Yamaha Jupiter MX King di babak kualifikasi dan Race kejurnas kemarin. Kendati di kejurda yang lalu katanya mesin Sonic 150R bertenaga 20 HP, ditambah top speednya yang 178 km/jam on speedo, tapi sayang kali ini harus bertekuk lutut di tangan MX King “The King of Street”. hehe

    Ada empat unit Honda Sonic 150R yang turun gelanggang di Kejurnas Tasikmalaya kali ini – dua unit digeber Wahyu Widodo dan Dany Keder dari tim Honda Kawahara Racing, satunya lagi dibesut M. Nurgianto (HBLT Motul) dan yang terakhir ditunggagi Owie Nurhuda (Honda MS-Nissin FDR YSS). Di kelas ini (IP150cc) Honda/AHM diam-diam memberikan dukungan penuh, infonya sih begitu.

    Rusman Fadhil (Traxxion Suspension End Vesrah) masih terkencang dengan Jupiter MX King kesayangannya, di QTT doski membukukan 53,010 detik. Jauh dengan catatan waktu Sonic 150R yang digeber joki Dany Keder yaitu 53,981 detik. Lalu di Race 1 pun podium kemenangan diborong semua sama pembesut MX King 150cc.

    Suzuki Satria FU tentu juga tak bisa dianggap enteng, meskipun jadi agak enteng buat lawan gara-gara Rafid Topan kena pinalti dan harus start dari posisi buncit di Race 1. hehe… Apalagi di sesi warm-up Topan terkencang dengan 53,730 detik, tapi masih kencang di QTT yakni 53,382 detik.

    Honda Sonic 150R (Kawahara Racing/KBM 2015) - Images 03

    Hasilnya lumayan dibanding tiga Sonic yang DNF di Race 1, Topan mantan joki Moto2 itu finish di posisi ke-4 di Race 1. Berlanjut di Race 2 Topan tergeser lagi ke posisi 4 gara-gara insiden sewaktu start, lumayan diskon lagi buat lawan. haha

    Di balap level kejurnas, Sonic 150R memang masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan, perlu dikorek-korek anunya biar makin sip. Oke semangat terus ya dek Soni, kan kemarin sudah berhasil naik podium di Race 2. hehehe… “Tenaga baru 23 dari hasil dyno. Masih panjang prosesnya”, ucap Kupret, kliker Kawahara Racing kepada rekan Maniak Motor.

    Lumayan Sonic sudah bisa naik di podium 2
    Lumayan Sonic sudah bisa naik di podium 2

    Maklum anak baru bro, jadinya ya masih perlu dielus-elus dulu lah dan diberikan kasih sayang sama orang tuanya. hehehe… “Kendalanya masih banyak. Bodi dan suspensi belum menyatu. Mesin juga masih baru korek-korek. Masih butuh proses pengembangan. Ini saja power baru terpakai 50 persen”, terang Farid Sungkar selaku juragan Honda MS-Nissin FDR YSS.

    Dibalik itu semua tentu peran pembalap, tim dan pabrikan sangat berpengaruh, serta peran sponsor dan duit yang mengalir terus juga jadi penentu kesuksesan. Maunya motor kencang tapi kantong cekak kayak kasmin¬†ini¬†yaaa mana bisa gaes. Ujung-ujungnya balapan odong-odong… hahaha

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR