Honda Ngamuk, Pasukan Yamaha Kocar Kacir di Laguna Seca

 MotoGP Laguna Seca, USA
MotoGP Laguna Seca 2013

MotoGP Laguna Seca 2013


California, Mesinbalap.com – Menurut sejarahnya, Laguna Seca memang identik dengan kemenangan Honda. Inilah fenomena yang terjadi di race Laguna Seca setelah kita menyantap makan sahur pagi tadi. Hampir semua rider Honda tancap gas poll di trek Mazda Raceway ini, bahkan yang lagi sakit pun bisa polah.

Seamless-shift gearbox punya andil besar ketika beraksi di seri ke-9 MotoGP 2013, meskipun hanya tiga pembalap Honda yang menggunakannya termasuk Marquez, Pedrosa dan Bradl. Bautista gak masuk soalnya belum mendapat support resmi dari HRC. Meski begitu, bermodal RC213V specs KW2 Bautista kerap mampu menggangu Rossi dari sisi belakang meskipun podium akhirnya milik Rossi.

Cal Crutchlow pembalap Tim satelit Monster Yamaha Tech 3 ini pun tak mampu berbuat banyak disini, meskipun memulai start dari second-row. Sebelum seri Laguna Seca digelar, Crutchlow selalu tampil apik pada beberapa race sebelumnya, hingga menyabet podium. Tapi beda cerita di Amrik, trek ini gak terlalu lebar, banyak tanjakan turunan dan beberapa tikungan mati alias Stop & Go.

Pembalap butuh motor dengan akselerasi tinggi dipadu dengan chassis yang luwes agar bisa diajak goyang ngebor dengan Joki-nya. Itu yang kurang dari Yamaha saat ini, akselerasi kurang jos karena transmisi-nya masih tradisional. Bahkan, rider pabrikan Yamaha pun tak sanggup mengejar rider Tim Satelit LCR Honda yakni Stefan Bradl.

Rossi berkali-kali mencoba melawan pembalap Jerman tersebut tapi apa daya, performa M1 masih lemod disini. Alhasil, podium ke-3 pun sudah cukup ciamik menurut bung Vale ini. Bayangkan, GAP antara Marc Marquez dengan pembalap terbelakang Yamaha yakni Crutchlow seitar +15,304 detik, dengan Lorenzo hanya +12,970 detik.

Hanya 7 lap, Bradley Smith dari Yamaha Tech 3 pun ndlosor disini. Apalagi Ducati yang bikin dagelan karena kedua pembalapnya balapan sendiri sampai main segol bacok antara Dovi dan Hayden. Untung saja, keduanya tidak terjatuh. Tapi GAP antara Marquez dengan Dovi pun +34,129 detik dan dengan Hayden sekitar +33,963 detik.