Ini Dia Generasi Baru Supermoto Husqvarna FS450

Ini Dia Generasi Baru Supermoto Husqvarna FS450

SHARE
New Husqvarna FS450
New Husqvarna FS450 (Foto: Motorcyclenews)

MESINBALAP.com – Dunia motocross bukanlah satu-satunya ‘habitat’ untuk produk buatan Husqvarna. Namun, pabrikan motor asal Austria itu juga melempar amunisi ke segmen supermoto, yang terbaru berjuluk Husqvarna FS450 2016.

Dilansir dari laman Motorcyclenews, amunisi baru Husqvarna ini siap mengaspal dengan dukungan mesin satu-silinder SOHC berkapasitas 499,9cc yang bertenaga 63 HP, serta menggunakan transmisi 5-speed dan pendingin liquid-cooled.

Bobot mesinnya sekarang lebih enteng 1,8 kg berkat berbagai ubahan yang diterapkan di dalamnya, sehingga bobotnya terpangkas menjadi 27,8 kg. Selain itu, kepala silinder juga lebih enteng 350 gr, ditunjang dengan crankcase berdesain kompak. Ukuran mesinnya pun sudah terpangkas 23mm untuk panjang-lebarnya dan berkurang 9mm untuk tingginya.

New Husqvarna FS450 hadir dengan dibekali fitur slipper clutch APTC (Adler Power Torque Clutch) pada sistem transmisinya. Kinerja gearbox 5-speed didukung dengan kopling hidrolik besutan Magura. Ada juga fitur launch control dan map switch.

Subframe FS450 memakai 30 persen material berbahan serat karbon, sehingga beratnya turun 1 kg dibanding pendahulunya. Penurunan berat juga didapat dari Keihin Engine Management System (EMS) yang berukuran jauh lebih kecil, sementara throttle body baru berukuran 44mm kini mampu mengoptimalkan aliran bahan bakar ke ruang pembakaran.

New Husqvarna FS450 nampak dari samping kanan belakang
New Husqvarna FS450 nampak dari samping kanan belakang

Suspensi adjustable WP dengan shockbreaker USD berdiameter 48mm ditanamkan pada sektor kaki depannya. Pengereman depan mengandalkan kaliper Brembo 4-piston dengan cakram berukuran 330mm dan belakang menggunakan kaliper satu piston dengan cakram 220mm.

Supermotoini menggunakan velg jari-jari berdiameter 17-inci yang dipadukan dengan ban Bridgestone Battlax berukuran 125/80 di bagian depan, sedang yang belakang memakai velg 16,5-inci yang dibalut ban berukuran 165/65.

MORE PHOTO:

KOMENTAR