Orang Ini Ngaspal Selama Bertahun-Tahun di 97 Negara dengan BMW R1150GS

    Orang Ini Ngaspal Selama Bertahun-Tahun di 97 Negara dengan BMW R1150GS

    SHARE

    Jeffrey PolnajaMESINBALAP.com – Penjelajah tunggal kelas dunia Jeffrey Polnaja telah menyelesaikan misi perjalanannya melewati 97 negara menggunakan sepeda motor dalam rangka Ride for Peace (RFP), alias menebar spirit perdamaian ke berbagai penjuru bumi. Akhirnya pada hari Sabtu lalu (19/9), pria asal bandung berusia 53 tahun itu sudah tiba di Jakarta.

    Kang JJ, demikian ia biasa disapa, telah menempuh perjalanan sejauh lebih dari 420.000 km dalam waktu 2.163 hari. RFP yang ia lakoni terbagi dalam dua rentang waktu berbeda, yang pertama 951 hari di tahun 2006 hingga 2008, yang kedua 1.212 hari di tahun 2012 hingga 2015.

    Sepanjang perjalanan itu Jefrey ngaspal sendirian, hanya ditemani dua unit moge adventure BMW R1150GS ketika berangkat, namun saat pulang mogenya hanya tinggal satu, sebab yang satunya lagi raib digondol maling sewaktu ia mengawali periode kedua RFP.

    Penyelesaian RFP ini merupakan sebuah pencapaian tersendiri bagi kang JJ, sebab ia merupakan orang kedua di dunia ini yang pernah naik motor dengan jarak terjauh sepanjang masa. Baginya, misi RFP ini merupakan “ketidakmungkinan yang menjadi mungkin”, yang mustahil bisa ia selesaikan “tanpa pertolongan Tuhan dan doa.”

    Kembalinya kang JJ ke tanah air telah disambut di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan. Dalam acara penyambutan itu, ia juga menyampaikan pesan-pesan perdamaian. Menurutnya, dunia ini terlalu sempit untuk diisi dengan konflik dan peperangan, semua itu semestinya dapat diakhiri jika manusia bisa saling memahami.

    Kang JJ berharap bahwa dirinya bukan orang terakhir yang mengadakan perjalanan RFP ini. Ia ingin agar suatu saat misinya dapat dilanjutkan oleh para generasi muda Indonesia, agar negeri ini bisa dikenal di mata internasional sebagai negeri yang kokoh dan cinta damai.

    Nah, bagaimana para pemuda? Ada yang berminat melanjutkan misi kang JJ ngaspal di 97 negara? Tapi harus pakai motor petualang ya, jangan pakai motor bebek.

    Sumber: Kompas

    KOMENTAR