Rupiah Anjlok, Harga Motor Yamaha Naik

    Rupiah Anjlok, Harga Motor Yamaha Naik

    SHARE

    Vixion AdvanceMESINBALAP.com – Sepertinya nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dollar AS telah membuat para produsen otomotif di Indonesia mulai kalang kabut. Salah satunya adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang dalam kondisi ini tak mampu survive tanpa mengubah banderol produknya.

    Alhasil Yamaha terpaksa mendongkrak harga untuk jajaran sepeda motor yang dipasarkannya. Kenaikan harga yang ditetapkan pun bervariasi untuk setiap model, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Kabar ini telah dikonfirmasi oleh Asisten GM Pemasaran YIMM Mohammad Masykur, sebagaimana dilansir dari laman Kompas Otomotif.

    Kendati kondisi ini cukup memusingkan, namun sejauh ini kegiatan produksi di pabrik YIMM masih lancar jaya, jadi tidak sampai menimbulkan dampak buruk seperti PHK terhadap karyawan perusahaan. Hanya saja, sekarang jam kerjanya sudah direvisi.

    Menurut Masykur, pabrik YIMM masih berproduksi seperti biasa, namun perusahaan kini telah menurunkan target penjualannya. Tak jelas berapa unit angka yang dipatok sekarang, yang pasti “tidak ada pengurangan karyawan”, dan hanya ada pengurangan “aktivitas lembur”.

    Masykur memprediksi bahwa melempemnya pasar akibat kenaikan dollar akan terus berlangsung sampai akhir 2015. Jadi untuk mencegah agar persediaan produk tidak menumpuk, jam produksi akan terus disesuaikan sampai daya beli konsumen bisa pulih kembali.

    Sumber: Kompas

    KOMENTAR