Yamaha Siapkan Motor Touring Baru Berbasis YZF-R1

    Yamaha Siapkan Motor Touring Baru Berbasis YZF-R1

    SHARE
    Daleman Yamaha R1M
    Daleman Yamaha R1M

    MESINBALAP.com – Saat ini Yamaha sedang gencar merombak line-up produknya. Rumor terkini menyebutkan bahwa pabrikan motor asal Jepang tersebut diam-diam tengah mempersiapkan kemunculan Fazer baru, yang secara garis besar akan berbasis pada generasi baru YZF-R1.

    Membumbui rumor ini, sejumlah sumber menyebutkan bahwa motor sport touring itu sudah siap meluncur, namun Yamaha sengaja menunda peluncurannya untuk menghindari bentrokan dengan jajaran model baru dari keluarga MT series, khususnya MT-09 Tracer.

    Soal nama masih misterius, tapi kemungkinan akan mengenakan nama “Fazer 1000” atau “FZ1”. Sedangkan untuk platformnya akan meminjam milik new R1, ini berarti Fazer akan mengemas mesin crossplane crankshaft, meskipun performanya mungkin akan sedikit dijinakkan untuk menghasilkan power di kisaran 150 HP.

    “Namun jika Yamaha ingin benar-benar menggebrak pasar dengan sebuah motor sport-adventure yang mampu memberikan tentangan sebenarnya bagi BMW S1000XR, semestinya Fazer baru mengendong power antara 165-175 H”, begitu kata laman Autoevolution.

    Pada saat yang sama, diprediksi sistem suspensinya akan dirubah. Unit yang terpasang pada R1 jelas bukan tipe yang cocok untuk touring, jadi tebakan yang masuk akal mengarah pada suspensi FJR1300.

    Fasilitas touring lainnya diperkirakan juga akan disematkan, bersamaan dengan desain baru. Sekarang tak banyak waktu tersisa hingga Yamaha ‘terpaksa’ mengungkap berbagai rahasianya di EICMA nanti. Kita tunggu saja kehadirannya.

    KOMENTAR