Suzuki Ertiga 2016 dengan Sistem Hybrid Murah, Lebih Hemat Bahan Bakar

    Suzuki Ertiga 2016 dengan Sistem Hybrid Murah, Lebih Hemat Bahan Bakar

    SHARE

    Suzuki Ertiga 2016
    Suzuki Ertiga 2016
    MESINBALAP.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melaunching Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Ertiga facelift di Indonesia. Sementara di India, mobil dengan sedikit penyegaran ini akan mulai dipasarkan pada 10 Oktober 2015. Mendekati tanggal launchingnya, berbagai info telah bocor ke publik, yang terkini menyebutkan tentang teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

    Sebagaimana dilansir dari laman Indianautosblog, varian diesel dari Ertiga facelift akan dilengkapi dengan teknologi hybrid murah, layaknya Sedan Ciaz yang sebelumnya sudah diluncurkan oleh Suzuki. SHVS ini merupakan teknologi original besutan Suzuki yang dirancang simpel dan mengemas sebuah ISG (integrated starter generator), dimana produksi dayanya mengandalkan sebuah motor.

    Rangkaian unit tersebut mampu mengolah kembali tenaga buangan dengan sistem hybrid, yang kinerjanya didukung dengan baterai lithium ion yang dapat menyerap daya elektrik dari proses braking. Suzuki meyakini bahwa sistem ini cocok untuk diaplikasikan ke jajaran mobilnya yang berbentuk ramping, sehingga mampu menghasilkan tingkat efisiensi bahan bakar yang maksimal.

    Lebih lanjut, info yang bocor dari dokumen Suzuki menjelaskan bahwa Ertiga versi transmisi otomatis akan memakai 4-speed serta motor K14 VXi 1,4 L, sedangkan yang manual 5-speed akan ditawarkan di seluruh varian yang berjantung diesel maupun bensin.

    Di India, Ertiga facelift juga mengusung sejumlah revisi serta fitur start/stop engine yang dihadirkan sebagai pelengkap sistem braking. Maruti Suzuki pun tak ragu-ragu untuk mengklaim bahwa new Ertiga ini lebih irit bahan bakar dibanding versi pendahulunya.

    KOMENTAR