Yamaha YZF-R3 Buatan Indonesia Terancam Recall, R25 Juga Direcall?

    Yamaha YZF-R3 Buatan Indonesia Terancam Recall, R25 Juga Direcall?

    SHARE
    Yamaha YZF-R3 Produksi 2015
    Yamaha YZF-R3 Produksi 2015

    MESINBALAP.com – Pekan ini pemberitan cukup ramai mengenai sepeda motor Yamaha di pasar Amerika Serikat. Pasca peresmian YZF-R1S dan R1/R6 edisi ulang tahun Yamaha ke-60, kini media dihebohkan dengan pengumuman recall YZF-R3.

    Setidaknya sebanyak 16 unit Yamaha R3 disinyalir memiliki cacat pada handle crown atau segitiga atas di setangnya, yang diakibatkan oleh kesalahan perakitan saat proses produksi.

    Hal ini dapat membuat bagian tersebut retak ketika motor dikendarai, sehingga dikhawatirkan setang akan patah saat melewati jalanan yang bergelombang, yang pada akhirnya mengakibatkan pengendara kehilangan kendali dan mengalami kecelakaan.

    16 unit yang ditarik tersebut merupakan hasil produksi selama periode 1 Januari-30 Agustus 2015. Mengingat rentang waktunya yang lumayan lama, bisa jadi jumlah yang terkena recall akan bertambah banyak.

    YZF-R3 sendiri diproduksi dari Indonesia oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), namun tidak dipasarkan di tanah air, melainkan hanya diekspor ke luar negeri. Jadi recall juga berpotensi mengenai R3 yang dipasarkan di sejumlah negara selain AS.

    Isu ini telah dikoordinasikan dengan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Selanjutnya owner R3 akan dihubungi, kemudian bagian motor yang bermasalah akan diganti tanpa biaya.

    Recall Merembet ke YZF-R25?

    Ada kekhawatiran bahwa recall ini akan merembet ke saudara kembar R3 yakni YZF-R25. Masalahnya, R25 juga memakai handle crown yang sama seperti milik R3. Benarkah demikian?

    Yamaha YZF-R25 Movistar Edition
    Yamaha YZF-R25 Movistar Edition

    Terkait masalah ini, M. Masykur selaku Asisten GM Pemasaran YIMM membenarkan bahwa R25 memang memakai komponen yang sama dengan R3, namun ia menyatakan bahwa di Indonesia belum ditemukan isu serupa seperti di AS.

    Hal itu telah dikonfirmasikan ke divisi teknik dan memang tidak ada masalah. Jadi untuk sekarang, recall baru meliputi wilayah AS saja, dengan jumlah yang ditarik 16 unit.

    “Selama ini di Indonesia tidak ditemukan masalah yang sama di lapangan (untuk Yamaha R25). Kami juga sudah mengonfirmasi ke bagian teknik soal ini, tidak ada masalah”, kata Assistant GM Marketing YIMM, M Masykur, dikutip dari Kompas Otomotif.

    Masykur menyatakan bahwa YIMM siap mensuplai komponen pengganti untuk memperbaiki R3 yang bermasalah. Tapi jika yang kena recall hanya 16 unit, seharusnya Yamaha Motor AS sudah punya stok yang cukup untuk melakukan penggantian.

    Belum bisa dipastikan apakah recall ini akan mengenai unit YZF-R3 lain yang diekspor dari Indonesia, sebab belum ada info dari hasil penyelidikan lebih lanjut. Kemungkinan tersebut tentu ada, namun kepastiannya masih belum diketahui.

    Sejak bulan Januari hingga September 2015, total Yamaha R25 dan R3 yang diekspor ke luar negeri sudah mencapai angka 34040 unit.

    KOMENTAR