New Yamaha YZF-R1S Resmi Mengaspal, Versi Downgrade dari All-New R1

    New Yamaha YZF-R1S Resmi Mengaspal, Versi Downgrade dari All-New R1

    SHARE
    New Yamaha YZF-R1S
    New Yamaha YZF-R1S

    MESINBALAP.com – Yamaha akhirnya resmi memperkenalkan New YZF-R1S 2016, sebuah versi yang lebih terjangkau dari YZF-R1, namun dengan mengusung paket elektronik yang serupa dan performa yang hampir setara.

    Sejatinya, All-New R1 dibanderol seharga $16.490 di pasar Amerika atau sekitar Rp 229 juta. Harga tersebut mungkin masih dirasa kemahalan bagi sebagian orang, khususnya mereka yang ingin membeli motor ini, tapi ragu-ragu karena melihat harganya.

    Untuk alasan itu Yamaha telah melucuti komponen logam kelas tinggi yang melekat pada R1 yakni titanium dan magnesium. Lalu menggantinya dengan bahan aluminium dan baja yang lebih murah. Sehingga terlahir lah superbike dengan perangkat elektronik yang sama seperti All-New R1, namun bobotnya lebih berat 4 kg.

    Diantara perubahan besar yang diterapkan pada mesin new R1S adalah pengaplikasian connecting rods berbahan baja sebagai pengganti titanium. Material komponen lainnya juga berubah seperti cover mesin berbahan aluminium, lalu velg aluminium (bukan magnesium), baut penutup mesin berbahan baja, dan header pipa exhaust terbuat dari baja (muffler tetap titanium).

    Penggunaan bahan baja pada connecting rods diklaim akan mengurangi rpm maksimal dari mesin, sehingga menghasilkan tenaga puncak yang sedikit lebih rendah dibanding All-New R1. Yamaha tak menyebutkan angka powernya secara pasti, namun dari grafik dyno diperkirakan puncak rotasi mesin R1S sekitar 12.500 rpm, bukan 13.500 rpm seperti R1, dengan power yang berkurang sekitar 5 HP.

    Yamaha YZF-R1S Matte Gray
    Yamaha YZF-R1S Matte Gray

    Soal perlengkapan elektronik, keduanya sama persis. Hanya ada satu piranti yang tidak menjadi fitur standar R1S yakni quickshifter, yang hanya ditawarkan sebagai fitur opsional. Moge versi hemat ini menggunakan ban Bridgestone Battlax S20 sport, menggantikan Bridgestone RS10 yang khusus digunakan di lintasan balap.

    Yamaha YZF-R1S tersedia dalam pilihan warna White/Raven/Rapid Red dan matte gray. Motor ini bisa dibilang memiliki performa yang tak jauh beda dengan versi aslinya, sementara harganya dipatok $14.990 atau sekitar Rp 208,5 juta – lebih murah Rp 20,8 juta dari All-New R1. Dan diperkirakan akan mulai dipasarkan pada Februari 2016.

    Disamping R1S, Yamaha juga bakal menghadirkan R1 edisi spesial ulang tahun ke-60 dengan skema warna kuning-hitam. Pemasarannya dijadwalkan pada Desember 2015 dengan banderol harga $16.990 atau sekitar Rp 236,3 juta. Sementara itu, YZF-R6 dengan skema warna identik akan dibanderol seharga $11.490 (Rp 160 juta).

    KOMENTAR