Honda Sonic 150R Mulai Mengancam Posisi Suzuki Satria FU!! MX-King Aman Sentosa

    Honda Sonic 150R Mulai Mengancam Posisi Suzuki Satria FU!! MX-King Aman Sentosa

    SHARE
    Honda Sonic 150R mulai mengancam posisi Suzuki Satria FU
    Honda Sonic 150R mulai mengancam posisi Suzuki Satria FU

    MESINBALAP.com – Kondisi pasar roda dua Indonesia yang sedang lemas saat ini tak membuat persaingan antar brand didalamnya menjadi kendur. Malah justru memanas sodara-sodara, terkhusus di segmen ayam jago 150cc yang akhir-akhir ini kelihatan semakin terkojel-kojel.

    Semua itu dipicu oleh munculnya anak baru Honda yakni Sonic 150R yang meluncur pada bulan Agustus silam. Tentu ini bagus karena konsumen mendapat pilihan baru dalam membeli sepeda motor.

    Sebelumnya Suzuki nongkrong sendirian di segmen ini dengan Satria FU-nya hampir satu dekade. Tapi kini tidak lagi, karena Honda telah membangkitkan Sonic dari tidur panjangnya untuk mengganggu dominasi tunggal Satria FU.

    Berdasarkan laporan data AISI selama bulan September saja, Sonic 150R sudah mampu mencatatkan hasil penjualan yang cemerlang. Mungkin cukup cemerlang untuk bikin Suzuki ngowoh. Setidaknya dalam satu bulan tersebut, jagoan Honda itu telah terjual sebanyak 7.136 unit, mepet sekali dengan Satria FU yang laku 7.588 unit.

    Bukan termasuk model baru, Satria FU150 facelift Euro3 sudah hadir di tanah air sejak awal tahun 2015, sedangkan Sonic baru dirilis pada bulan Agustus kemarin. Jadi supaya adil dalam membandingkan angka penjualan antara keduanya, patokan waktu yang digunakan adalah bulan-bulan setelah peluncuran Honda Sonic. Kan begitu?

    Lebih lanjut, selama periode Agustus-September 2015 atau dua bulan pertama setelah peluncurannya, Sonic 150R berhasil menorehkan angka penjualan 15.549 unit. Sementara dalam periode yang sama, penjualan Satria FU mencapai 16.280 unit.

    Dari sini sudah jelas perbandingannya bahwa ayago Suzuki masih nomor satu hingga saat ini, akan tetapi yang perlu diwaspadai oleh Suzuki adalah Honda/AHM dengan Tim SWAT-nya (Sport Winning Army Team) sudah mampu memberikan ancaman nyata. hehe…

    MX King Aman Sentosa Bro...
    MX King Aman Sentosa Bro…

    Jauh dari persaingan Suzuki dan Honda, justru kubu Yamaha yang menempatkan amunisi andalannya yakni MX-King “The King of Street” di segmen bebek super 150cc telah berhasil meraih penjualan dominan sebesar 12.247 unit pada bulan September kemarin.

    Sementara dalam periode dua bulan yang sama (perbandingan sepanjang Agustus-September 2015) dengan Satria FU dan Sonic 150R, bebek super Yamaha tersebut telah melipatgandakan penjualannya hingga 25.119 unit.

    Praktis, secara umum di segmen bebek sport 150cc ini, brand yang sebenarnya merajai adalah Yamaha, dengan hasil penjualan yang jauh mendominasi. Penjualan seluruh motor bebek nasional sendiri selama bulan Januari hingga September 2015 tercatat 649.560 unit, atau 13,4 persen dari keseluruhan pasar yang mencapai 4.821.191 unit.

    Sumber: Kompas Otomotif

    KOMENTAR