New Kawasaki Ninja ZX-10R Semakin Garang, Siap Terkam Lawan!! Harga 214 Juta...

    New Kawasaki Ninja ZX-10R Semakin Garang, Siap Terkam Lawan!! Harga 214 Juta Saja

    SHARE
    New Kawasaki Ninja ZX-10R
    New Kawasaki Ninja ZX-10R

    MESINBALAP.com – Setelah munculnya banyak rumor yang disusul bocoran foto hingga renderan, akhirnya Kawasaki secara resmi meluncurkan New Ninja ZX-10R 2016 beberapa hari yang lalu. Sebelumnya sempat dirumorkan kalau superbike jawara WSBK 2015 ini bakal mengikuti arah pengembangan hyperbike Ninja H2 dan H2R.

    Namun, pada kenyataannya, pengembangan dari Ninja ZX-10R ini tidak menuju ke arah sana. Melainkan justru menerima penyempurnaan di sejumlah area penting seperti mesin, sasis, sitem elektronik, pengereman dan suspensi. Serangkaian upgrade tersebut berimbas pada penambahan bobot New ZX-10R yang kurang lebih bertambah sekitar 5 kg.

    Yang paling menarik adalah Kawasaki menancapkan head cylinder baru pada mesin ZX-10R dengan material daleman yang jauh lebih ringan, serta mengadopsi sistem throttle valve elektronik baru dan knalpot titanium yang juga baru.

    Kawasaki mengklaim power Ninja ZX-10R 2016 mampu mencapai hingga 207 HP dengan torsinya yang meningkat menjadi 113,5 Nm pada rotasi 11,500 rpm. Pabrikan Jepang tersebut juga mengklaim generasi baru ZX-10R merupakan superbike yang memiliki performa paling dekat dengan kuda besi di ajang balap WSBK, berkat banyaknya suntikan teknologi balap yang dimasukkan ke dalamnya.

    Sistem pengeremannya kini menggunakan kaliper depan Brembo M50 Monobloc. Sedangkan suspensi depan-belakang mengandalkan suspensi track-oriented besutan Showa yakni Showa Balance Free Fork/BFF dan Showa Balance Free Rear Cushion/BFRC Lite monoshock, lengkap dengan peredam steering elektronik besutan Ohlins.

    New Kawasaki Ninja ZX-10R 2016 - Images 06

    Sensor IMU 6-axis (Inertial Measurement Unit) dipasok oleh Bosch, namun belum jelas apakah teknologi cornering ABS juga turut disertakan pada superbike anyar ini. Yang pasti Kawasaki menawarkan serangkaian paket elektronik baru termasuk quickshifter yang memungkinkan rider melakukan downshifting tanpa perlu menarik tuas kopling. Selain itu, ada juga ECU spek balap, 3-way launch control system, throttle by wire, dan Sport-Kawasaki TRaction Control (S-KTRC).

    Sasis aluminium twin-spar yang digunakan ZX-10R kini mendapatkan penyempurnaan secara konstruksi, dan mengadopsi komponen balap yang serupa layaknya kuda besi Kawasaki di WSBK. Yang terakhir tentu soal desain yang nampak beda dengan model lawas, kendati perubahannya tidak radikal.

    New Kawasaki Ninja ZX-10R mulai dijual dengan banderol harga sebesar $15.999 atau sekitar Rp 214,7 juta untuk varian ABS, sedangkan New Ninja ZX-10R edisi KRT ABS dilepas seharga $16.299 atau kurang lebih Rp 218,7 juta.

    MORE PHOTO:

    Sumber: autoevolution

    KOMENTAR