Tak Punya Lampu dan Spion, Ninja H2R Tak Bisa Dipasarkan di Indonesia

    Tak Punya Lampu dan Spion, Ninja H2R Tak Bisa Dipasarkan di Indonesia

    SHARE
    Kawasaki Ninja H2R
    Kawasaki Ninja H2R

    MESINBALAP.com – Kawasaki resmi melepas street-legal Ninja H2 di Indonesia pada awal 2015 dengan harga Rp 580 juta OTR Jakarta. Lokasi peluncuran bertempat di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, dimana di tempat tersebut PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga memperkenalkan versi track-oriented dari H2 yakni Ninja H2R.

    Keran pemesanan untuk H2R tak pernah dibuka karena terkendala prosedur Kementerian Perindustrian. Pada saat awal pengenalannya ada harapan bahwa monster lintasan ini bisa masuk ke Indonesia, oleh karena itu banderolnya sempat diungkap ke publik yakni Rp 1 miliar.

    Deputy Head Sales and Promotion PT KMI Michael Chandra Tanadhi mengatakan bahwa Ninja H2R batal dipasarkan di Tanah Air lantaran tidak lulus uji tipe di Kementerian Perindustrian. Moge super power tersebut tak memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan, katanya kepada Kompas.

    Untuk bisa dipasarkan di Indonesia, motor harus dilengkapi dengan lampu dan spion yang sesuai standar nasional. Padahal kita tahu bahwa H2R tak memiliki perlengkapan tersebut, jadi mustahil KMI bisa menjualnya di Indonesia. Lain halnya dengan H2 yang bisa dipakai di jalan raya, fitur-fitur wajib semacam lampu dan spion tentu sudah ada.

    Michael sendiri menyayangkan batalnya Ninja H2R masuk ke Indonesia, sebab “animo dari masyarakat sangat tinggi”. Adapun untuk unit yang ditampilkan di Sirkuit Sentul pada bulan Januari lalu, itu adalah model contoh yang tidak dijual.

    Kawasaki Ninja H2R merupakan sebuah versi balap dari H2 yang diciptakan khusus untuk pemakaian di trek. Tidak sama dengan H2 yang memiliki tenaga 200 HP, H2R mampu menembakkan power 300 HP dan memiliki kemampuan akselerasi yang mencengangkan. Top speednya bisa mencapai 420 km/jam.

    Sumber: kompas.com

    KOMENTAR