Jajaran Konsep Unik Yamaha Siap Memukau Tokyo Motor Show 2015

Jajaran Konsep Unik Yamaha Siap Memukau Tokyo Motor Show 2015

SHARE
Teaser Mobil Sport Yamaha
Konsep Mobil Sport Yamaha

MESINBALAP.com – Tokyo Motor Show 2015 akan digelar sebentar lagi, dan Yamaha kini memamerkan lineup produknya yang bakal tampil menyemarakkan ajang pameran otomotif akbar tersebut.

Menurut keterangan resmi, Yamaha akan menamai boothnya dengan titel “Yamaha Motor Product Orchestra,” yang menampilkan total 20 model termasuk enam konsep menarik. Diantaranya adalah pesaing Honda Project 2&4, yakni sebuah mobil yang juga akan menggunakan DNA sepeda motor.

Yamaha hanya mengatakan bahwa konsep mobil ini “terinspirasi oleh sepeda motor dan mengekspresikan style unik mereka”. Ditambah gambar yang samar-samar menunjukkan wujud konsep tersebut. Kemungkinan jika pengembangan mobil ini berlanjut, Yamaha akan bekerjasama dengan partner-nya yakni Toyota.

Leaning Multi-Wheel (LMW)

Sebuah teaser lain menunjukkan konsep kendaraan berbekal teknologi unik yang mampu menciptakan dimensi baru, dimana pengendara bisa merasakan kepuasan yang mendalam serta kegembiraan yang intens.

Leaning Multi-Wheel (LMW)
Leaning Multi-Wheel (LMW)

Tak banyak keterangan yang dapat diketahui mengenai konsep ini, namun dari gambar tampak jelas sistem suspensi depannya yang menggunakan dua garpu itu mitip seperti konsep 01Gen dan 03Gen. Yamaha mengatakan bahwa konsep Gen tersebut akan terus dikembangkan, hmmm bisa jadi itu versi barunya yang akan muncul di Tokyo Motor Show nanti.

PES2 / PED2

Dijuluki sebagai model eksperimental, kedua konsep sepeda motor ini merupakan evolusi dari PES1 dan PED1 yang diperkenalkan Yamaha di gelaran Tokyo Motor Show dua tahun silam. Berbasis pada platform yang sama, keduanya dibangun dengan struktur frame monocoque dan diperkuat oleh sebuah unit mesin baru yang disebut “Yamaha Smart Power Module”.

Namanya disesuaikan dengan tujuan penciptaannya yakni Passion Electric Street (PES) yang dirancang untuk ngaspal di jalanan umum, sementara Passion Electric Dirt (PED) khusus jalur off-road.

PES2 / PED2
PES2 / PED2

Yamaha menyempurnakan PES2 dengan sebuah motor listrik yang ditaruh di roda depannya, yang secara efektif membuatnya menjadi sepeda motor elektrik berkonfigurasi 2×2. Di sisi lain, PED2 masih memakai penggerak roda belakang, tidak seperti pendahulunya. Sekarang lebih tampak seperti motor ‘dua fungsi’ yang dapat digunakan sebagai tunggangan komuter maupun trail.

Kedua konsep tersebut dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang mensuplai daya pada motor listriknya. Spesifikasi dari penggeraknya sendiri masih belum diungkap. Yamaha hanya mengatakan bahwa performanya kurang lebih setara dengan sepeda motor yang bermesin 50–125cc.

Resonator 125

Resonator 125
Resonator 125

Resonator 125 merupakan satu-satunya model konsep dalam kelompok ini yang menggunakan mesin pembakaran internal, dan dirancang khusus untuk memikat para rider pemula. Mesin 4-tak bersilinder tunggal yang dikemasnya seperti tak memiliki ciri keunggulan apapun dari sisi teknologi. Namun Yamaha tampak lebih fokus untuk menghias tampilannya, sehingga menjadikannya sebuah model yang berbeda.

Ada panel kayu di sekitar tangki bahan bakar dan joknya. Yamaha juga menyebutkan keberadaan sebuah perangkat inovatif yang diintegrasikan pada panel instrumen, namun kita perlu menunggu kejelasannya pada akhir Oktober, saat Tokyo Motor Show digelar.

Konsep YPJ-MTB

Konsep YPJ-MTB
Konsep YPJ-MTB

Konsep terakhir yang diungkap oleh Yamaha adalah sebuah sepeda gunung yang dibantu sistem penggerak elektrik. Didukung oleh baterai lithium-ion 400-Wh dan sebuah motor yang memproduksi daya 250 W, konsep ini memakai garpu depan Fox, drivetrain Shimano Deore XT, dan panel instrumen multi fungsi.

Sumber: Yamaha via Gizmag

KOMENTAR