MotoGP Sepang 2015: Di Mata Race Director Rossi Bersalah, Marquez Tidak Melanggar...

    MotoGP Sepang 2015: Di Mata Race Director Rossi Bersalah, Marquez Tidak Melanggar Regulasi

    SHARE
    Rossi tengok ke belakang usai Marquez terjatuh di GP Sepang Malaysia 2015
    Rossi tengok ke belakang usai Marquez terjatuh di GP Sepang Malaysia 2015

    MESINBALAP.com – Race Director MotoGP telah memutuskan bahwa Valentino Rossi bersalah atas insiden kecelakaan yang menimpa Marc Marquez di GP Sepang Malaysia, Minggu (25/10). Sebagai ganjarannya, legenda MotoGP itu harus start dari grid belakang di seri pamungkas MotoGP Valencia bulan depan.

    Menurut statement resmi pengawas balap MotoGP, Rossi telah melanggar Pasal 1.21.2 dari Regulasi FIM Road Racing World Championship Grand Prix. Gaya balap Rossi dianggap tidak bertanggung jawab dan membahayakan pembalap lainnya. Sesuai dengan Pasal 3.2.1, Rossi kemudian diganjar 3 poin penalti.

    “Hal ini dianggap sebagai gaya balap yang tidak bertanggung jawab, membahayakan bagi kompetitor lainnya dan karena itu merupakan pelanggaran Pasal 1.21.2 dari Regulasi FIM Road Racing World Championship Grand Prix”, tulis statement resmi pengawas balap MotoGP, dilansir dari Crash.

    “Atas motif di atas, Race Direction telah memutuskan untuk memberikan anda (Rossi) penambahan 3 poin penalti pada catatan anda, sesuai dengan Pasal 3.2.1. dari FIM Road Racing.”

    Mike Webb selaku Race Director MotoGP memberikan penjelasan di Sepang. “Aku tidak akan mengutip apa yang dikatakan (kedua) pembalap dalam persidangan tapi aku bisa memberikan gambaran secara umum. Jadi, dari apa yang kita lihat, tampak ada kesengajaan yang dilakukan Rossi untuk mendorong Marquez keluar jalur atau memaksanya melebar”.

    “Kami mendengar dari kedua pembalap tersebut. Marquez mengatakan kepada kami bahwa dia hanya menjalani balapan yang normal dan memikirkan urusannya sendiri – menyalip Valentino tanpa melakukan senggolan, yang memang benar (adanya). Dan dia tidak berniat mengganggu Valentino.”

    Marquez jatuh, Rossi terus gass poll
    Marquez jatuh, Rossi terus gass poll

    “Valentino, di sisi yang lain, mengatakan bahwa bagi dirinya jelas Marc sengaja memperlambat lajunya dan menyulitkan Valentino saat balapan. Dia sengaja memaksa (Marquez) melebar di tikungan dalam rangka untuk menjauhi Marquez. Akhirnya, kami benar-benar percaya ada kesalahan di kedua belah pihak.”

    Mike Webb melanjutkan bahwa Marquez tidak melanggar regulasi balap MotoGP, kendati Rossi menuduh pembalap Honda tersebut bersekongkol dengan Lorenzo. “Terlepas dari apa yang dikatakan Marquez, kami pikir dia memang sengaja ingin mempengaruhi laju Valentino. Namun, dia sebenarnya tidak melanggar peraturan apapun”, tegas Mike.

    “Apapun yang kami pikirkan adalah tentang semangat dari kejuaraan ini, menurut buku peraturan dia (Marquez) tidak melakukan senggolan. Overtakenya bersih, dia membalap sesuai peraturan.”

    “Valentino bereaksi atas apa yang dilihatnya sebagai provokasi dari Marquez dan sayangnya reaksinya adalah manuver yang melanggar peraturan. Gaya balapnya tidak bertanggung jawab, menyebabkan kecelakaan. Kami percaya bahwa senggolan itu disengaja. Dia mengatakan tidak ingin Marquez terjatuh, tapi dia berniat memaksanya melebar.”

    KOMENTAR