Ducati Multistrada Terkena Recall Karena Masalah Kickstand

    Ducati Multistrada Terkena Recall Karena Masalah Kickstand

    SHARE

    Ducati MultistradaMESINBALAP.com – Para penunggang moge Ducati Multistrada sepertinya harus menghubungi dealer Ducati terdekat jika ingin memastikan tidak ada hal buruk yang terjadi pada tunggangan mereka. Sebabnya, Ducati USA telah mengungkapkan sebuah data recall yang kemungkinan akan meluas ke seluruh dunia.

    Recall ini bertujuan untuk mengecek rakitan kickstand pada Multistrada 1200 dan Multistrada 1200S. Beberapa kickstand dari moge-moge ini telah diproduksi dengan pipa sambungan yang memiliki ukuran panjang namun tidak tepat, dan kelemahannya tidak dapat ditoleransi.

    Lantaran hal ini, Ducati meyakini bahwa daya rekat pengelasannya bisa berkurang pada area yang menyatukan sambungan pipa kickstand dengan rakitan bagian atas. Sehingga berpotensi memutuskan sambungan las dan kickstand tidak akan mampu lagi menyangga beban motor, hingga akhirnya motor pun terjatuh.

    Karena kerusakan sambungan tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu, maka baik pengendara, penumpang, maupun orang lain yang berdiri di sekitar motor, bisa beresiko tertimpa motor dan terluka.

    Menurut Ducati USA, sejauh ini belum ada laporan insiden atau korban luka akibat patahnya kickstand Multistrada. Sementara, Ducati Perancis telah menerima laporan kerusakan side-stand pada 12 Mei 2015. Sebuah investigasi kemudian dilakukan Ducati bersama pihak supplier, hingga akhirnya penyebab kerusakan berhasil diidentifikasi.

    Model-model yang berpotensi terdampak oleh cacat produksi ini adalah yang diproduksi antara 1 Desember 2014 sampai 11 Juni 2015. Pada kickstand model-model tersebut terdapat nomor seri komponen yang dapat diketahui. Komponen yang bermasalah memiliki nomor seri ‘W22-2015’ kebawah (Week 22 Year 2015).

    Ducati mengatakan bahwa komponen dengan nomor seri mulai dari W23-2015 sudah memenuhi standar keamanan. Sekarang jumlah Multistrada yang terkena recall sudah mencapai 869 unit, dan ini baru di Amerika Serikat saja.

    Ducati menganjurkan owner moge-moge tersebut untuk menyelidiki Multistrada produksi 2015-2016, untuk memastikan apakah ada kerusakan pada sambungan kickstand atau tidak.

    Sumber: autoevolution

    KOMENTAR