Intip Mobil Sport Yamaha dengan Layout Mid-Engine Layaknya Acura NSX

Intip Mobil Sport Yamaha dengan Layout Mid-Engine Layaknya Acura NSX

SHARE
Yamaha Sports Ride Concept
Yamaha Sports Ride Concept (Foto: AOL)

MESINBALAP.com – Setelah sempat masuk radar gosip, akhirnya Yamaha secara resmi memperkenalkan konsep mobil sport-nya di Tokyo Motor Show beberapa hari yang lalu. Yamaha menjuluki mobil ini dengan nama “Sports Ride Concept” yang memadukan cita rasa kendaraan roda empat dengan sepeda motor.

Mobil sport tersebut mengusung layout mesin tengah (mid-engine) layaknya Acura NSX, dan juga sasisnya sebagian besar mengadopsi material serat karbon. Namun, Yamaha masih enggan untuk membeberkan spesifikasi teknis mesinnya.

Sports Ride tergolong konsep mobil sport coupe 2 pintu yang beratnya hanya mencapai 750 kg alias cukup ringan. Adapun soal dimensi, mobil ini terlihat lebih mirip dengan generasi-keempat Mazda MX-5 Miata lantaran memiliki dimensi sebagai berikut: panjang 153,5 inci, lebar 67,7 inci dan tinggi 46,1 inci.

Sama halnya seperti konsep Motive, Yamaha Sports Ride Concept juga dikembangkan oleh Gordon Murray Design di Surrey, Inggris. Ya, Gordon Murray, orang yang berada di balik pengembangan mobil McLaren F1 dan mobil sport baru TVR.

“Struktur sasis serat karbon pertama yang terjangkau dengan volume tinggi, membawa material Formula 1 dan teknologi dalam jangkauan pengendara sehari-hari”, kata Gordon Murray Design, dilansir dari Caranddriver.

Yamaha Sports Ride Concept - Images 04

Dalam produksinya, Sports Ride menggunakan proses yang disebut “iStream” – sebuah proses pengembangan dari Gordon Murray Design untuk menghasilkan bobot yang ringan dan struktur mobil dengan kekakuan tinggi yang berakar pada teknologi F1.

Yamaha umumnya memang lebih terkenal sebagai produsen sepeda motor di dunia dan juga cukup sukses di industri peralatan musik. Kendati demikian, Yamaha juga pernah berkolaborasi dengan beberapa pabrikan lainnya untuk mengembangkan mobil seperti Toyota, Ford, Volvo, dan bahkan sub-brand mobil mewah Toyota yakni Lexus.

Kini Yamaha sepertinya ingin memperluas ekspansi bisnisnya dengan terjun ke dunia roda empat. “Kami berharap anda menantikan harinya ketika anda bisa berada di belakang kemudi”, kata Yamaha.

MORE PHOTO:

KOMENTAR