Berita MotoGP Terbaru: Terlalu Agresif, Power Mesin Honda RC213V Bakal Diturunkan

    Berita MotoGP Terbaru: Terlalu Agresif, Power Mesin Honda RC213V Bakal Diturunkan

    SHARE
    Power mesin Honda RC213V bakal diturunkan
    Power mesin Honda RC213V bakal diturunkan

    MESINBALAP.com – Keagresifitasan kuda besi Honda RC213V racikan 2015 disebut-sebut menjadi pemicu sering ndlosornya sang jagoan HRC Marc Marquez. Disamping problematisasi mesin, Marquez juga sering mengeluhkan soal penyakit sasis 2015 yang menurutnya tak enak dipakai.

    Malahan Dani Pedrosa tak pernah pakai sasis itu, hingga akhirnya Marquez memutuskan CLBK dengan sasis lawas di GP Assen yang lalu. Sejalan dengan ucapan MM, Lucio Cecchinello selaku bos tim satelit LCR Honda mengungkapkan bahwa itu merupakan dua kelemahan Honda di musim ini.

    “Kami percaya bahwa Honda telah mengembangkan mesin yang sangat handal dengan konsumsi bahan bakar yang secara signifikan lebih rendah dibanding motor dari pabrikan lainnya. Selain performa mesin yang luar biasa, powernya besar”, buka Lucio Cecchinello kepada Speedweek.

    “Namun, kini insinyur (Honda) telah menyadari (kelemahan itu) dengan membandingkannya dengan kompetitornya, sehingga mereka harus berpikir ulang soal kebijakan strategi mereka.”

    Cal Crutchlow sebagai anak buah Lucio tak bisa berbuat banyak diatas RCV 2015 dan seringkali mengalami nasib yang sama seperti Marquez yaitu ndlosor. Untung Crutchlow tetap didukung motor pabrikan Honda hingga musim depan, sementara Jack Miller harus mau dititipkan ke tim Marc VDS.

    Lucio Cecchinello, Bos LCR Honda
    Lucio Cecchinello, Bos LCR Honda

    Dengan mesinnya yang terlalu agresif, prototipe Honda itu juga dituding terlalu cepat bikin ban aus. Tapi untuk musim depan, RCV 2016 diklaim punya power delivery yang lebih halus dan merata – tidak terlalu agresif tapi powernya berkurang sikit.

    “Mungkin power maksimum mesinnya perlu agak dikurangi, tapi pembalap mungkin akan mendapatkan power delivery yang lebih halus pada motor 2016. Saat ini pekerjaan Honda dikonsentrasikan di sektor ini”, sambung bos LCR itu.

    Akan tetapi menurut Lucio, Honda tidak akan mengembangkan sasis baru untuk musim depan, hanya revisi saja. “Aku tahu bahwa Honda tidak akan mengembangkan sasis yang benar-benar baru (untuk musim depan). Sasis 2016 akan sangat mirip dengan versi 2015. Namun, pengembangannya tidak akan berhenti disitu”, lanjutnya.

    Cal Crutchlow
    Cal Crutchlow

    “Faktanya semua tim dan semua pembalap telah melakukan banyak tes dengan spesifikasi sasis yang berbeda-beda. Kami pun juga demikian. Sasis A punya kelebihan di sektor ini, sementara sasis lainnya punya kelemahan disana. Sasis A bekerja bagus di trek tertentu, tapi di trek lainnya kurang bagus.”

    “Honda telah sangat banyak mengembangkan varian sasis yang berbeda dengan kekakuan yang berbeda pula, spesifikasinya mirip dengan sasis 2014. Honda sudah mengumpulkan banyak data dalam ujicoba tersebut tahun ini.”

    “Aku percaya sasis 2016 bakal punya basis standar yang bagus. Ini akan mencakup campuran semua umpan balik informasi dari tahun ini. Honda mendapatkan semua informasinya dan data sudah dianalisa”, tutup bos Crutchlow itu.

    KOMENTAR