Berita MotoGP Terbaru: Ini Alasan Honda Tak Segera Beberkan Data Telemetri Motor...

    Berita MotoGP Terbaru: Ini Alasan Honda Tak Segera Beberkan Data Telemetri Motor Marquez

    SHARE
    Berita MotoGP Terbaru: Ini Alasan Honda Tak Segera Beberkan Data Telemetri Motor Marquez
    Livio Suppo (Prinsipal Tim Repsol Honda) dan Takeo Yokoyama (Direktur Teknis HRC)

    MESINBALAP.com – Honda mengatakan bahwa mereka tidak ingin menambah keruh suasana yang terjadi di MotoGP akhir-akhir ini. Atas dasar itulah mereka mengaku belum mau membeberkan data telemetri dari motor Honda RC213V tunggangan Marc Marquez.

    Beberapa hari yang lalu Wakil Presiden HRC, Shuhei Nakamoto, memang telah berjanji mau buka data motor Marquez. Pernyataan Nakamoto saat itu seolah mengundang siapa pun dari Dorna, FIM atau Media untuk memeriksa data tunggangan MM.

    Tapi di Valencia pada hari Kamis kemarin banyak media yang kecelek, Prinsipal Tim Repsol Honda Livio Suppo dan Direktur Teknis HRC Takeo Yokoyama memilih tak mau beberkan data sekarang. Alasannya demi ketenangan semua pihak.

    “Di jumpa pers ini kami sebenarnya mau bicara soal data yang kami punya tapi kemudian kami berpikir ulang karena situasi. Kami tidak ingin memasukan lebih banyak bahan bakar di atas bara api. Kami tidak ingin orang-orang berpikir bahwa kami menciptakan masalah bagi Valentino”, ujar Livio Suppo di Valencia.

    Suppo menambahkan bahwa Honda akan membeberkan data telemetrinya kalau kondisi di MotoGP sudah tenang dan adem, tidak bergejolak panas seperti sekarang ini.

    “Ketika kami yakin informasi ini menjadi kurang sensitif maka kami akan tunjukkan datanya tapi tidak sekarang. Kami berusaha menciptakan situasi setenang mungkin. Maaf kalau kami membuat anda berharap, tapi kami tak ingin menjadi bagian dari pertempuran kejuaraan ini”, sambungnya.

    Honda RC213V 2015
    Honda RC213V 2015

    Lebih lanjut, Honda menegaskan tak ingin ikut campur dalam banding Rossi vs FIM di Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS). Mereka juga tak mau dituduh ikut campur urusan orang lain seperti Lorenzo contohnya.

    “Ini merupakan akhir pekan yang sangat istimewa, tensinya sangat tinggi. Kami tidak punya niat sama sekali untuk menimbulkan prasangka (buruk) kalau kami melakukan hal ini hanya untuk memberikan bukti lainnya ke CAS atau sesuatu yang bisa mempengaruhi keputusan mereka”, terang Suppo, sebagaimana dilansir dari Crash.

    “Jika kami buka (datanya) sekarang, publik bakal mengira kalau kami melakukannya hanya untuk mempengaruhi (banding Rossi) di CAS. (Makanya) kami tak ingin ada orang yang berpikir bahwa kami ingin mempengaruhi proses peradilan. Aku berharap anda mengerti situasi kami dan kami akan melakukan yang terbaik agar situasinya menjadi setenang mungkin.”

    Prinsipal Tim Repsol Honda itu juga menegaskan bahwa HRC akan membongkar data telemetrinya kalau banding Rossi sudah diputuskan oleh CAS. Nah kini Pengadilan Arbitrasi itu sudah memberikan putusan atas banding Rossi, dimana permohonannya ditolak. Mungkinkah data motor MM akan dibongkar setelah GP Valencia?

    KOMENTAR