Berita MotoGP 2015: Rossi Sebut ECU Baru Bikin MotoGP Lebih Menarik

    Berita MotoGP 2015: Rossi Sebut ECU Baru Bikin MotoGP Lebih Menarik

    SHARE
    Valentino Rossi, Tes Pra-Musim MotoGP Valencia 2015 Hari ke-1
    Valentino Rossi, Tes Pra-Musim MotoGP Valencia 2015 Hari ke-1 (Foto: Yamaha MotoGP)

    MESINBALAP.com – Era baru MotoGP telah dimulai dengan kembalinya Michelin sebagai pemasok ban resmi yang menggantikan Bridgestone. Namun, yang akan jauh lebih berasa efeknya adalah pengaplikasian sistem ECU tunggal (hasil kolaborasi Honda, Yamaha, Ducati dan Dorna).

    Valentino Rossi menegaskan bahwa bakal banyak perubahan mulai musim depan. “Ini perubahan besar dan bakal menarik, terutama ban akan menjadi perbedaan besar mulai musim depan. Banyak yang berubah, terutama setingan, distribusi bobot motor dan semuanya”, kata Rossi via Movistar Yamaha.

    Rossi hanya mampu membukukan catatan waktu 1 menit 32,401 detik dalam tes pra-musim hari pertama yang berlansung di Valencia kemarin. Sementara di lain pihak, banyak pembalap yang terjatuh saat mencoba ban Michelin seperti Marc Marquez.

    “Sepertinya kompetitor kami sedikit di depan, karena mereka telah berlari lebih jauh dengan Michelin. Ban belakangnya sangat mirip (dengan Bridgestone). Michelin punya grip yang sangat bagus, perbedaan besarnya ada di bagian depan”, sambung Rossi.

    BACA JUGA: Hasil Tes Pra-Musim MotoGP Valencia 2015 (Hari Pertama)

    Namun, masalah terbesarnya menurut Rossi akan terletak di elektronik motor lantaran penerapan ECU seragam itu tadi. Motor akan jauh lebih sulit dikendalikan dan tak gampang bikin lap time yang sama. Tapi efeknya akan membuat balapan lebih menarik, seperti kembali ke jaman dulu.

    “Aku juga mencoba elektronik baru dan ini merupakan masalah yang cukup besar, layaknya kembali ke jaman dulu. Tapi itu bagus buat balapan, (pembalap) akan lebih kesulitan untuk mencetak catatan waktu yang sama”, terang The Doctor.

    “Karena motornya jadi lebih sulit dikendalikan. Tapi ini sangat bagus buat bertarung selama balapan, bisa lebih menyenangkan.”

    KOMENTAR