Sambut MotoGP 2017, Ini Rancangan Terbaru Sirkuit Sentul

    Sambut MotoGP 2017, Ini Rancangan Terbaru Sirkuit Sentul

    SHARE
    Sambut MotoGP 2017, Ini Rancangan Terbaru Sirkuit Sentul
    Sambut MotoGP 2017, Ini Rancangan Terbaru Sirkuit Sentul

    MESINBALAP.com – Indonesia dipastikan bakal menggelar MotoGP 2017 setelah penandatanganan LOI (Letter of Intent) oleh Menpora Imam Nahrawi dan Dorna Sport pada Rabu 18 November kemarin.

    LOI itu disebut-sebut jadi bukti kongkrit buat Dorna Sports kalau Indonesia sudah siap menggelar MotoGP 2017. Dorna selaku pihak penyelenggara MotoGP bisa menjatuhkan denda andaikan Indonesia tidak menepati janjinya atau tidak segera mempersiapkan sirkuit yang layak.

    “Jika LOI sudah ditandatangani dan Indonesia tidak segera mempersiapkan sirkuitnya kita bisa didenda oleh Dorna”, ujar Tinton Soeprapto selaku Direktur Sirkuit Sentul, dilansir dari Kompas.

    Dipastikan selama tiga musim pula Negara kita akan menggelar MotoGP yakni mulai tahun 2017 hingga 2019 mendatang, sebagaimana termaktub dalam LOI tersebut.

    Sebetulnya Dorna memberikan jatah lima tahun dalam setiap kontraknya, namun Indonesia memilih tiga musim saja. “Setiap kontrak Dorna memberikan waktu lima tahun tapi kita ambil tiga tahun, cari amannya saja”, sambung Tinton.

    Bicara soal rancangan terbaru sirkuit Sentul, dipastikan mulai awal bulan depan sirkuit ini bakal dipugar, berdasarkan arahan arsitek ulung Hermann Tilke. Panjang Sentul akan bertambah menjadi 4,4 km dari yang sebelumnya 3,9 km dengan 14 tikungan dan lebarnya 15 meter.

    Perombakan Sentul dimulai dari bangunan-bangunan di sekelilingnya, lalu mengganti aspal saat ini dengan aspal baru berkualitas tinggi yang sesuai standar MotoGP.

    “Pengerjaannya sampai berapa lama saya belum tahu, yang jelas MotoGP di Indonesia akan dimulai pada Oktober atau November 2017 sebelum Sepang. Tapi sebelum itu akan ada uji coba dari pihak Dorna”, kata Tinton kepada Kompas.

    KOMENTAR