Final KBM 2015 Binuang UB/SP 150: MX King Juara Nasional, FU Melawan,...

    Final KBM 2015 Binuang UB/SP 150: MX King Juara Nasional, FU Melawan, Sonic Belum Konsisten!

    SHARE
    Suzuki Satria FU Hajar Jupiter MX King
    Suzuki Satria FU Hajar Jupiter MX King

    MESINBALAP.com – ‘Duel klasik’ Yamaha Jupiter MX King vs Suzuki Satria FU vs Honda Sonic 150R kembali terjadi di Kejurnas Balap Motor (KBM) atau yang sekarang disebut Indonesia Road Racing Championship (IRRC).

    Memang di seri pamungkas yang berlangsung di sirkuit Balipat, Binuang, Kalsel (21-22/11) lalu tak seheboh saat di seri Tasikmalaya (19-20/9). Itu lantaran dari segi starter tak sevariatif di Tasikmalaya. Dari pantauan portal ini hanya ada 7 starter, 2 memacu Sonic, 1 FU selebihnya MX King.

    Hadirnya Sonic milik tim Plug and Play Performance perlu diapresiasi. Ya, sebagai tuan rumah tim yang mengandalkan duet Alfian R dan Bayu Azhari itu cukup berani. Berani tempur juga berani tanggung malu.

    “Eit…nanti dulu! Race 1 dan 2 saya konsisten di podium ke-3. Berarti ada juga MX King yang bisa diasapi. Haha..”, girang Alfian yang memang salah satu rider andalan squad sayap mengepak di region Kalimantan itu.

    Kupret dan Wahyu Widodo
    Kupret dan Wahyu Widodo

    Overall, sebagai kelas baru yang mengadu bebek dan sport ini memang belum bisa menakar kekuatan sesungguhnya. Bisa begitu, kecuali MX King dan FU, Sonic belum konsisten di setiap seri. Soal itu, pabrikan Honda punya pertimbangan. Diduga kuat, pilihan sirkuit dan penyelenggaraan oleh PP IMI jadi pemicu. Ah, bisa juga karena belum siap kalah di arena pertarungan. Wkwkwk..

    Oleh Faryd Sungkar pemilik tim Honda MS, problem suspensi masih jadi penyakit di Sonic. “Power masih berani diadu, tapi memang belum dapat set-up suspensi yang optimal,” sebut Faryd saat jumpa di seri Tasikmalaya.

    Hal senada juga diakui oleh Suhartono alias Kupret, “Power masih dikisaran 45%, masih banyak potensi yang bisa dioptimalkan setelah kendala suspensi teratasi,” sebut pria yang dipercaya AHM jadi koordinator setup ECU Aracer.

    Sonic Alfian R - Tim Plug and Play
    Sonic Alfian R – Tim Plug and Play

    Masalah suspensi oleh Anto mekanik ART Jogja pernah disiasati dengan custom shock MX King. Begitu, fakta yang tertangkap pada final MotoPrix, Purwokerto, Jateng. Saat itu Wawan Hermawan, turun di supporting race (Bebek 150 TU) dengan Sonic dan sukses langsung di podium. Tuh kan!

    Lain hal dengan FU pacuan Rafid Topan, ”Secara power masih sangat kompetitif. Tapi seringkali ada kendala non teknis saat balap. Ini kelas yang punya prospek yang bagus,” mantap Topan yang di Pra PON Sentul Kecil lalu sukses kunci kelas bebek 150cc 4T kategori perorangan.

    Duel Jupiter MX King vs Satria FU vs Sonic 150R
    Duel Jupiter MX King vs Satria FU vs Sonic 150R

    Paling fenomenal justru MX King. Padahal, ini tahun pertama andalan Yamaha itu diturunkan di arena pertarungan. Lebih lengkap diulas di tulisan berikutnya! (Kontributor)

    KOMENTAR